JURNAL : PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI KESENIAN TARI BALI BERBASIS WEB

JURNAL : PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI KESENIAN TARI BALI BERBASIS WEB

PERANCANGAN MEDIA PUBLIKASI KESENIAN TARI BALI BERBASIS WEB

Abstrak - Seni tari sangat berpengaruh dalam segi adat budaya, dan juga pariwisata yang ada di Bali. Kebutuhan informasi tentang Kesenian Tari Bali merupakan aspek yang sangat penting mengingat tarian merupakan salah satu daya tarik bagi Bali untuk menarik wisatawan datang ke Bali. Maka perlu dibangun media publikasi berbasis web untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah dokumen perancangan yang baik untuk membangun media publikasi kesenian tari Bali berbasis web. Pada penelitian ini pendekatan rekayasa perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan ini adalah terstruktur dan tools yang digunakan adalah Data Flow Diagram. dan Entity Relationship Diagram. 

Kata kunci: Media publikasi, seni tari, website


1. Pendahuluan
Kesenian Tari merupakan salah satu aspek penting dalam penunjang budaya bali. Seni tari sangat berpengaruh dalam segi adat, budaya, dan juga pariwisata yang ada di Bali. Seiring dengan perkembangan jaman seni tari di Bali sudah banyak mengalami perubahan. Makin banyaknya bermunculan jenis tarian baru yang terpengaruh dengan modernisasi seperti Tari Kreasi, Tari Kontemporer dan sebagainya. Namun tari tradisional Bali masih memiliki daya tarik khusus untuk dinikmati meskipun berada di tengah-tengah tari-tari kerasi baru yang semakin canggih dan memanfaatkan berbagai teknologi. [1] Kebutuhan informasi tentang Kesenian Tari Bali merupakan aspek yang sangat penting mengingat Tarian merupakan salah satu daya tarik bagi Bali untuk menarik wisatawan dating ke Bali. Saat ini sudah banyak informasi tentang kesenian Bali, akan tetapi belum ada yang merangkum kesenian Tari yang ada di Bali secara khusus. Untuk publikasi tentang kesenian tari Bali saat ini masih menggunakan pamphlet, brosur dan juga event-event kesenian yang sering diadakan di daerah Bali sehingga terkadang penyampaian informasi tersebut kurang valid, perlu banyak biaya dan membutuhkan banyak waktu.[2] Teknologi informasi saat ini berkembang semakin pesat. Akan sangat disayangkan apabilan pesatnya perkembangan teknologi informasi ini tidak dimanfaatkan untuk publikasi informasi tentang Kesenian Tari Bali. Karena dengan memanfaatkan teknologi informasi sekarang ini informasi tentang kesenian Tari Bali bisa di publikasikan ke masyarakat luas secara mudah dan cepat. Sehingga informasi yang dihasilkan lebih valid, hemat biaya dan tidak menyita banyak waktu. Aplikasi ini hanya menjadi media publikasi informasi kesenia Tari Bali. Karena latar belakang di atas maka dalam penelitian ini penulis memberikan solusi media publikasi kesenian tari bali berbasis web. Akan tetapi sebelum membangun media publikasi kesenian tari bali berbasis web maka perlu dilakukan perekayasaan perangkat lunak yang baik agar sistem yang nantinya dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna sistem. Salah satu tahapan dari rekayasa perangkat lunak tersebut adalah tahap perancangan sistem. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dibuat dokumen perancangan media publikasi kesenian tari bali berbasis web. Dokumen perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai panduan dalam pembuatan/ implementasi media publikasi kesenian tari bali berbasis web.


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.