Jurnal : Penerapan Data Mining dalam Memprediksi Pembelian cat

Jurnal : Penerapan Data Mining dalam Memprediksi Pembelian cat

Penerapan Data Mining dalam Memprediksi Pembelian cat

Abstrak - Untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan dalam proses pembelian cat di Departement penjualan Home Smart Medan yang selama ini pengambilan keputusan seorang manager penjualan dalam mengambil keputusan dengan melihat seberapa dekat hubungan supplier dan seberapa banyak dana sponsor yang diberikan kepada perusahaan. Selain harga, type merek juga masih kalah saing dengan perusahaan lain. Pembelian cat yang kurang efektif, menyebabkan produk khususnya cat pada perusahaan ini kurang diminati oleh customer . Dengan menerapkan teknik klasifikasi data mining pada pembelian cat yang efektif Pada Departement Penjualan Home Smart, diharapkan nantinya dapat menghasilkan suatu pengetahuan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian cat yang efektif. Algoritma C4.5 adalah algoritma klasifikasi data bertipe pohon keputusan. Pohon keputusan Algoritma C4.5 dibangun dengan beberapa tahap yang meliputi pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan membagi kasus dalam cabang. Tahapantahapan ini akan diulangi untuk setiap cabang sampai semua kasus pada cabang memiliki kelas yang sama. Dari penyelesaian pohon keputusan maka akan didapatkan beberapa rule. Dalam hal ini penulis mengklasifikasikan pembelian cat berdasarkan penjualan pada Departement Penjualan Home Smart. Penerapan Algoritma C4.5 ini dapat membantu Departement Penjuan Home Smart dalam menentukan pembelian cat dari Suplier. 

Kata kunci: Data Mining, Pembelian cat, Decision Tree, Algoritma C4.5


1. Pendahuluan 
Dalam ekonomi dan bisnis masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan selembar kertas ataupun hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk mengolah data perusahaan. Seperti halnya pada Departement Penjualan Home Smart Medan. Meskipun pemanfaatan teknologi komputerisasi sudah terealisasikan, namun tidak begitu dalam mengambil keputusan untuk pembelian cat. Pengambilan keputusan seorang manager purchasing dalam mengambil keputusan apakah produk cat yang ditawarkan oleh perusahaan cat yaitu dengan melihat seberapa dekat hubungan supplier dan seberapa banyak dana sponsor yang diberikan kepada perusahaan. Sehingga terkadang tidak dapat bersaing dengan perusahaan lain. Selain harga, type merek juga masih kalah saing dengan perusahaan lain. Pembelian cat yang kurang efektif, menyebabkan produk khususnya cat pada perusahaan ini kurang diminati oleh customer. Data mining adalah proses yang mengunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah klasifikasi [1][2]. Dalam penelitian sebelumnya dengan judul “ Perbandingan kinerja pohon keputusan ID3 dan C4.5 dalam identifikasi kelayakan kredit sepeda motor”. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi kelayakan kredit menggunakan algoritma pohon keputusan ID3 dan C4.5 serta untuk mengukur kinerja algoritma ID3 dan C4.5 dari sisi keakuratan hasil prediksi. Pengukuran kinerja yang dilakukan menggunakan sekelompok data uji untuk mengetahui persentase precision, recall dan accurancy. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma C4.5 memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada algoritma ID3[3].

DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.