Jurnal : Pengukuran Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Framework Cobit 4.1 Dengan Pola Sinkronus

Jurnal : Pengukuran Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Framework Cobit 4.1 Dengan Pola Sinkronus

Pengukuran Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Framework Cobit 4.1 Dengan Pola Sinkronus

Abstrak - Proses pembelajaran saat ini yang sangat fleksibel tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan tatap muka saja, namun juga menggunakan media-media TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). IT Governance atau yang kita sebut tatakelola teknologi informasi adalah sebuah mekanisme kontrol untuk pengendalian dan evaluasi terhadap tatakelola pada teknologi informasi. Dengan menggunakan framework COBIT 4.1, tatakelola teknologi informasi khususnya pada media pembelajaran yang bersifat sinkronus seperti elearning, moodle, vmeet dan yang lainnyadapat dilakukan. Pada tatakelola media pembelajaran yang bersifat sinkronus ini dengan menggunakan framework COBIT4.1 akan didapatkan hasil level kedewasaan pada media pembelajaran TIK yang bersifat sinkronus, dimana hasil tersebut yang akan menjadi sebuah rekomendasi perbaikan tatakelola kemudian hari

Kata Kunci : Tatakelola, TIK, sinkronus, elearning


1. Pendahuluan 
Teknologi Informasi (TI) saat ini menjadi teknologi yang banyak diadopsi oleh hampir seluruh organisasi dan dipercaya dapat membantu meningkatkan efisiensi proses yang berlangsung. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu mekanisme kontrol dan evaluasi terhadap pengelolaan TI tersebut. Hal tersebut yang kita kenal dengan istilah IT Governance. IT Governance didapatkan melalui peningkatan dalam efektivitas dan efisiensi dalam proses organisasi yang berhubungan. IT Governance yang menyediakan struktur yang menghubungkan proses TI, sumber daya TI dan informasi bagi strategi dan tujuan organisasi. Peranan IT Governance tidaklah diragukan lagi dalam pencapaian tujuan suatu organisasi yang mengadopsi TI. Seperti fungsi-fungsi manajemen lainnya pada organisasi publik, maka IT Governance yang pada intinya adalah bagaimana mengatur penggunaan TI agar menghasilkan output yang maksimal dalam organisasi, membantu proses pengambilan keputusan dan membantu proses pemecahan masalah. Prinsip-prinsip IT Governance harus dilakukan secara terintegrasi, sebagaimana fungsi-fungsi manajemen dilaksanakan secara sistematik dilaksanakan pada sebuah organisasi publik. [1] Proses pembelajaran yang saat ini kita lihat sudah banyak metode yang dapat digunakan. Selain menggunakan cara yang konvensional yaitu tatap muka, pembelajaran juga dapat dilakukan menggunakan bebrapa media diantaranya adalah media yang berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Aplikasi-aplikasi elearning, moodle, vmeet adalah beberapa contoh pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam proses pembelajaran. Salah satu framework yang digunakan untuk IT Governance adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) 4.1 yaitu suatu model standar yang menyediakan dokumentasi best practice pengelolaan TI yang dapat membantu pihak manajemen dan pemakai untuk menjembatani kesenjangan antara resiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan permasalahan teknis. Berdasarkan hal tersebut dan berdasarkan perencanaan strategi pengembangan yang ada di Unit PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) STIKOM Bali, maka Unit PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) STIKOM Bali perlu menerapkan IT Governance terhadap sistem informasi perbankan dengan menggunakan kerangka kerja COBIT Versi 4.1 khususnya untuk domain Deliver and Support (DS). Dalam penyelenggaraan pendidikan.


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.