Jurnal : Steganografi Pada File Citra Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Spread Spectrum

Jurnal : Steganografi Pada File Citra Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Spread Spectrum

Steganografi Pada File Citra Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Spread Spectrum
(Jurnal Teknik Informatika)



Steganografi Pada File Citra Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Spread Spectrum

ABSTRAK

Keamanan pada suatu informasi atau data pada saat ini dapat dibagi menjadi dua, yakni: Kriptografi dan Steganografi. Dari dua metode tersebut, metode yang satu dapat menjadi tambahan bagi metode yang lain.
Kriptografi adalah suatu seni untuk mengacak suatu informasi atau data yang memiliki arti, menjadi sesuatu
yang tidak dapat di mengerti atau seakan-akan tidak berarti. Berbeda dengan kriptografi, Steganografi adalah suatu seni untuk menyembunyikan suatu data, dimana data tersebut disembunyikan ke dalam suatu media yang tampak biasa saja.

Di dunia modern seperti sekarang ini, internet dan komputer telah banyak digunakan di banyak tempat sebagai alat komunikasi. Dengan adanya internet, kita dapat berkomunikasi secara mudah dari berbagai
tempat, dimanapun, dan kapanpun. Akan tetapi, berkomunikasi jarak jauh mempunyai resiko yang besar dalam pentransmisian pesan atau informasi yang akan disampaikan. Salah satu cara untuk mengamankan pesan atau informasi tersebut adalah dengan menyisipkan informasi atau pesan tersebut menggunakan teknik steganografi.

Steganografi adalah teknik penyembunyian informasi ke dalam sebuah wadah (media) sehingga data yang disembunyikan sulit dikenali oleh indra manusia. Teknik tersebut membuat orang lain tidak sadar bahwa ada informasi penting yang kita kirimkan tersembunyi di dalam media lain, seperti citra, audio, maupun video. Seandainya informasi yang telah disembunyikan pada suatu media tersebut pun dicuri, oknum pencuri tersebut belum tentu bisa mengetahui informasi yang ada di dalamnya, karena ada sandi (key) untuk bisa membuka informasi yang terkandung dalam media informasi tersebut. Sandi tersebut hanya diketahui oleh pengirim dan penerima.


Kata Kunci : Steganografi, File Citra, Spread Spectrum


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Digital steganografi memerlukan suatu media sebagai tempat penyembunyian informasi. Secara teori penyisipan informasi pada data digital dengan menggunakan teknik steganografi dapat dilakukan pada semua format data digital yang ada dalam komputer sebagai media covernya seperti format teks, format gambar, bahkan untuk format audio dan sebagainya asalkan file-file tersebut mempunyai bit-bit data redundan yang dapat dimodifikasi.

Steganografi membuat data satu informasi yang dikirimkan menjadi lebih aman dengan berbagai cara. Salah satu metode steganografi adalah Spread Spectrum. Metode Spread Spectrum mentransmisikan sebuah sinyal pita informasi yang sempit ke dalam sebuah kanal pita lebar dengan penyebaran frekuensi. Penyebaran frekuensi sendiri berfungsi menambah tingkat redudansi. Tujuan menambah redudansi adalah agar kode tidak mudah dipecahkan.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Spread Spectrum , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.