Jurnal : Perancangan Aplikasi  Perbaikan Citra Hasil Pengambilan Webcam Menerapkan Metode Contrast Stretching

Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbaikan Citra Hasil Pengambilan Webcam Menerapkan Metode Contrast Stretching

Jurnal : Perancangan Aplikasi  Perbaikan Citra Hasil Pengambilan Webcam Menerapkan Metode Contrast Stretching
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Contrast Stretching

ABSTRAK

Citra digital adalah suatu citra yang dapat didefenisikan sebagai fungsi f(x,y) yang memiliki koordinat spasial, dan tingkat kecerahan yang diskrit. Penggunaan citra digital semakin meningkat karena kelebihan yang dimiliki oleh citra digital tersebut, antara lain kemudahan dalam mendapatkan gambar, memperbanyak gambar, pengolahan gambar dan lain-lain. Tetapi tidak semua citra digital memiliki tampilan visual yang memuaskan mata manusia. Perbaikan kualitas citra (image enhancement) merupakan salah satu proses awal dalam pengolahan citra (image preprocessing). Perbaikan kualitas diperlukan karena seringkali citra yang diuji mempunyai kualitas yang buruk, misalnya citra mengalami derau (noise) pada saat pengiriman melalui saluran transmisi, citra terlalu terang/gelap, citra kurang tajam, kabur, dan sebagainya. Pengolahan citra adalah sebuah cabang ilmu yang berakar dari grafika komputer yang mentitik beratkan permasalahannya pada peningkatan kualitas citra, perbaikan citra, dan pemeliharaan. Perbaikan citra digital sekarang ini sudah menjadi hal yang wajar untuk mendapatkan hasil yang bagus terhadap citra, salah satunya adalah kecerahan pada gambar atau biasa disebut contrast stretching. Salah satu metode yang digunakan adalah peregangan kontras (contrast stretching). Metode Contrast Stretching ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas citra digital yang berhubungan dengan pencahayaan yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan (brightness) maupun kekontrasan dari sebuah citra digital.

Kata Kunci: Citra Digital, Perbaikan Kualitas Citra, Contrast Stretching.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Citra digital adalah suatu citra yang dapat didefenisikan sebagai fungsi f(x,y) yang memiliki koordinat spasial, dan tingkat kecerahan yang diskrit. Penggunaan citra digital semakin meningkat karena kelebihan yang dimiliki oleh citra digital tersebut,antara lain kemudahan dalam mendapatkan gambar, memperbanyak gambar, pengolahan gambar dan lain-lain. Tetapi tidak semua citra digital memiliki tampilan visual yang memuaskan mata manusia. Perbaikan kualitas citra (image enhancement) merupakan salah satu proses awal dalam pengolahan citra (image preprocessing). Perbaikan kualitas diperlukan karena seringkali citra yang diuji mempunyai kualitas yang buruk, misalnya citra mengalami derau (noise) pada saat pengiriman melalui saluran transmisi, citra terlalu terang/gelap,citra kurang tajam, kabur, dan sebagainya. Pengolahan citra adalah sebuah cabang ilmu yang berakar dari grafika komputer yang mentitik beratkan permasalahannya pada peningkatan kualitas citra, perbaikan citra, dan pemeliharaan. Citra tersebut dapat disimpan di dalam berkas (file) dengan format tertentu. Format citra yang baku di lingkungan sistem operasi Microsoft Windows adalah berkas bitmap (BMP).


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Contrast Stretching , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.