Jurnal : Steganografi Pada File Audio MP3 Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB)

Jurnal : Steganografi Pada File Audio MP3 Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB)

Steganografi Pada File Audio MP3 Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB)
(Jurnal Teknik Informatika)



Steganografi Pada File Audio MP3 Untuk Pengamanan Data Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB)
ABSTRAK

Perkembangan steganografi mulai merambah ke dunia digital yang dalam skripsi ini dikhususkan dalam file audio mp3. Teknik-teknik dalam melakukan pengembangan suatu proses steganografi dibahas secara singkat. Skripsi ini juga mencoba menyajikan proses steganografi dalam perbandingan-perbandingan file audio dengan berdasarkan rumus-rumus yang ada pada literatur yang ada.

Sebuah perangkat lunak bernama MP3 Stego digunakan untuk membantu proses observasi permasalahan dan menyelesaikan proses steganografi. MP3 Stego dicoba, diamati, dan dihipotesakan saran-saran pengembangan untuk kedepannya.

Setelah melihat lebih dalam tentang audio steganografi khususnya pada file audio MP3 cukup berprospek dalam pengembangan selanjutnya. Baik dikaji dari faktor psikologis dan teknis, ternyata media MP3 merupakan media yang sangat tepat untuk menjadi media penyembunyian pesan. Selain itu ternyata steganografi juga bisa digunakan dalam target yang lebih mendalam dan luas lagi antara lain sebagai saran kampanye, pemberitahuan, komunikasi organisasi, dan lain-lain.

Kata kunci : MP3, Steganografi, Capacity MP3 Stego


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pesan rahasia merupakan hal penting yang butuh untuk dilindungi dan dijaga kerahasiaannya. Pesan rahasia merupakan sebuah harta karun dimana banyak orang yang ingin berusaha untuk mencari terlebih mengetahui isinya. Oleh karena itu maka tidak jarang muncul kejahatan-kejahatan yang dengan sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan semakin banyaknya orang yang melakukan tindakan kriminal yang dengan sengaja melakukan pencurian data rahasia dan merusak data rahasia sehingga bisa merugikan pihak tertentu. 

Untuk menghindari hal-hal tersebut dibutuhkan pengamanan data ataupun informasi sehingga keamanan sebuah data rahasia bisa terjaga. Ada dua teknik pengamanan data yang bisa digunakan yaitu dengan kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga kerahasiaan data, menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa
mengalami gangguan dari pihak ketiga. Dalam kriptografi ini adanya proses menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Least Significant Bit , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.