jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Tahunan Dari Perusahaan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)

jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Tahunan Dari Perusahaan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Tahunan Dari Perusahaan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)

ABSTRAK

Panitia Bantuan Sosial Grand Palladium Medan menentukan Penerima Bantuan sosial berdasarkan beberapa faktor penilaian. faktor penilaian tersebut terdiri dari penilaian Umum, Skill, kedisplinan dan kondisi ekonomi. Demi efektifitas panitia bantuan sosial dalam penilaian maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Oleh karena itu, dibuatlah perangkat yang dapat mengambil sebuah keputusan untuk menentukan kriteria yang pantas dalam menerima bantua sosial tersebut.

Perangkat lunak ini dibangun dengan basis sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan untuk menentukan penerima bantuan sosial dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process ( AHP). Metode AHP pembuat keputusan dapat menentukan alternatif keputusan dalam penerapan perangkat lunak, sehingga ini. Proses AHP ini membandingkan karyawan satu dengan yang lain dan memberikan output nilai intenitas prioritas berupa hasil kriteria penerima bantuan sosial terhadap karyawan Grand Palladium Medan. Hasil proses AHP dari perangkat lunak ini berupa terpilihnya penerima bantuan sosial, simulasi perhitungan dan laporan penilaian. Hasil proses ini di rekomedasikan sebagai karyawan yang menerima bantuan sosial berdasarkan proses kriterria.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Kriteria Karyawan. Metode AHP



1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Pengambilan keputusan dari suatu masalah, baik itu masalah yang sederhana maupun yang kompleks, diperlukan informasi-informasi yang menyeluruh dan akurat, kemampuan menganalisa dan mengolah informasi serta metode penyelesaian yang tepat, hal diatas penting untuk mendukung pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik dan tepat. Berdasarkan informasi yang ada akan bisa menentukan sikap dan pengambilan keputusan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang dihadapi, jika diolah oleh suatu sistem atau informasi tersebut dapat berguna dengan baik. Sistem yang mengolah informasi biasanya sistem pendukung keputusan, sehingga sistem tersebut dapat mengolah informasi untuk mendukung keputusan dengan menawarkan alternatif-alternatif yang baik.

Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini, penulis ingin membantu panitia sosial Grand Palladium dalam penyeleksian penerimaan bantuan sosial melalui aksi sosial tahunannya. Memerlukan suatu perubahan sistem dari sistem yang lama yang sebagian masih menggunakan atau masih bersifat manual ke sistem yang baru.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal    Metode Analytical  Hierarchy Process (AHP) ,  sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.