Jurnal : Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang Menggunakan Algoritma Genetika Pada PT. Antar Alas Sumatera Medan

Jurnal : Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang Menggunakan Algoritma Genetika Pada PT. Antar Alas Sumatera Medan

Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang Menggunakan Algoritma Genetika Pada PT. Antar Alas Sumatera Medan
(Jurnal Teknik Informatika)




Jurnal : Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang Menggunakan Algoritma Genetika Pada PT. Antar Alas Sumatera Medan


ABSTRAK

Untuk melakukan proses penjadwalan pengiriman barang dengan tujuan mengoptimalkan rute pengiriman dibutuhkan perangkat lunak yang dapat mengahasilkan jadwalkan pengiriman barang dengan rute jalan yang optimal, perangkat lunak yang telah dibuat ini mampu mengatasi permasalahan yang timbul pada pada sistem pengiriman barang yang tidak terjadwal dan dapat menghasilkan jadwal pengiriman barang dengan optimal,jadwal pengiriman yang dihasilkan telah melalui proses optimasi dengan memperhitungkan batasan batasan yang ada.

Proses penjadwalan dilakukan dengan menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika adalah algoritma pencarian yang didasarkan pada seleksi alam dan genetika. Algoritma genetika mencari solusi optimal dengan cara menyilangkan dua solusi yang ada sehingga menghasilkan solusi baru yang diharapkan lebih
optimal daripada solusi sebelumnya.

Kata Kunci : Penjadwalan, Pengiriman Barang, Genetika



1.1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Sistem pengiriman barang yang tidak terjadwal memiliki kelemahan yaitu proses pengiriman dilakukan tanpa memperhitungkan jarak antara lokasi pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lainnya sehingga rute pengiriman mempunyai jarak tempuh yang sangat jauh karena jarak antara lokasi pelanggan yang satu dengan lokasi pelanggan yang lain saling berjauhan Masalah-masalah yang timbul pada sistem pengiriman barang yang tidak terjadwal dapat diatasi dengan melakukan penjadwalan atau perencanaan sebelum melakukan pengiriman barang ke pelanggan. Metode penjadwalan yang diterapkan meliputi pemberian tugas pada setiap kendaraan, pencarian urutan pelanggan yang dilayani pada setiap pengiriman agar dapat menghasilkan rute yang pendek, dan pencarian rute dengan jarak yang paling pendek. Untuk melakukan proses penjadwalan pengiriman barang dengan tujuan mengoptimalkan rute pengiriman dibutuhkan perangkat lunak yang dapat menghasilkan jadwal pengiriman barang dengan rute jalan yang optimal.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Genetika ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.