Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pameran Berdasarkan Peluang Pengunjung Dengan Metode BAYES

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pameran Berdasarkan Peluang Pengunjung Dengan Metode BAYES

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pameran Berdasarkan Peluang Pengunjung Dengan Metode BAYES

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode BAYES

ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dengan menggunakan metode bayes. Metode bayes dapat digunakan untuk pemilihan lokasi pameran dengan sistem multi kriteria, dimana kriteria tersebut di tentukan oleh pihak perusahaan yaitu kriteria persaingan, harga, minat penggunjung,serta transportasi yang menunjang. Sistem yang dibuat ini untuk membantu pihak perusahaan dalam penentuan lokasi pameran. Selain itu efisiensi waktu lebih terjamin dan juga membantu dalam proses pemilihan lokasi pameran untuk meminimalkan kerugian perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah menganalisis sejumlah data yang besar, guna membantu memberikan informasi sebagai hasil pengambilan keputusan perusahaan, Sistem yang digunakan menggunakan Visual Basic.Net.

Kata Kunci : Bayes, DSS, Lokasi Pameran


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Pameran adalah sebuah strategi promosi yang merupakan suatu diantara banyak cara untuk memperkenalkan dan memasarkan produk, jasa atau bisnis. Pameran juga bisa menunjukan eksistensi sebuah perusahaan atau bisnis, serta bisa kita sebut sebagai program branding. Dalam pemilihan lokasinya sangatlah tidak mudah, butuh lokasi yang banyak di kunjungi oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan keuntungan yang maksimal untuk perusahaan.

Sistem pendukung keputusan dirancang untuk mendukung seluruh tahap penggambilan keputusan mulai dari mengidentifikasi masalah, memilih data yang relevan dan menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan alternative

Ada berbagai jenis metode untuk pendukung keputusan yang dapat digunakan dalam penentuan lokasi pameran salah satunya adalah metode Bayes, Bayes adalah merupakan algoritma yang memanfaatkan teori probabilitas, yaitu memprediksi probabilitas dimasa depan berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya. Salah satu pendekatan SPK adalah dengan metode Bayes, dalam menentukan lokasi pameran ini adalah dengan pendekatan statistic untuk melakukan inferensi induksi.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode BAYES, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.