Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Unggul Buah Stroberi Menggunakan Metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Unggul Buah Stroberi Menggunakan Metode TOPSIS

Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Unggul Buah Stroberi Menggunakan Metode TOPSIS
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Unggul Buah Stroberi Menggunakan Metode TOPSIS


ABSTRAK

Pembudidayaan buah stroberi di berastagi masih sangat kurang efektif, hal tersebut di lihat dari hasil produksinya yang belum memenuhi permintaan pasar, terkhususnya wisatawan luar maupun lokal yang berkunjung.. Petani berastagi umumnya membudidayakan stroberi jenis lokal berastagi, dorit, sweet charli, dan osogrande, ciri ciri kriteria setiap jenis berbeda beda baik dari sisi kekurangan maupun kelebihan, namun karena perbedaan inilah sering mengakibatkan hasil produksi kurang optimal. Sistem pendukung keputusan merupakan salah satu cara yang membantu dalam mengambil keputusan dengan menerapkan metode yang tepat. Metode Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan salah satu metode yang cocok untuk mengambil keputusan, dimana metode Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam pemakaiannya menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria tertentu dimana alternatif terpilih tidak hanya dari memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Sehingga metode TOPSIS tersebut merupakan metode yang tepat untuk diterapkan dalam mengambil keputusan dalam memilih bibit unggul. Pentingnya pemilihan bibit unggul yang tepat menjadi salah satu faktor pendukung perkembangan hasil produksi buah stroberi, dengan penerapan metode topsis akan membantu memilih bibit yang tepat.

Kata Kunci : Stroberi, Berastagi, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS


1. Pendahuluan
Berastagi merupakan daerah yang dikenal dengan daerah yang kaya akan jenis tanaman muda, tanaman stroberi salah satunya, stroberi merupakan tanaman yang sangat digemari oleh semua kaum, dengan warna yang cantik ukuran mungil serta rasanya yang manis. Bukan hanya itu stroberi merupakan salah satu jenis buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi, apa lagi bagi pembeli yang ingin memetik sendiri meski harganya lebih mahal dari buah yang sudah dikemas dalam kotak plastik, disamping memilih buah yang diinginkan mereka juga dapat menikmati segarnya cuaca di perkebunan.

Pembudidayaan buah stroberi di berastagi masih sangat kurang efektif hal ini dilihat dari hasil produksinya yang belum memenuhi permintaan pasar, terkhususnya wisatawan luar maupun lokal yang berkunjung. Petani berastagi umumnya membudidayakan stroberi jenis lokal berastagi, dorit, sweet charli, dan osogrande, ciri ciri kriteria setiap jenis berbeda beda baik dari sisi kekurangan maupun kelebihan, namun karena perbedaan inilah sering mengakibatkan hasil produksi kurang optimal. Karena sulit bagi petani stroberi menentukan jenis bibit yang tepat untuk mereka kembangkan, pemilihan bibit sering dilakukan secara manual, sehingga bibit yang dipilih sering tidak seperti yang diharapkan saat panen.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode TOPSIS, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.