Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru Di SMA NEGERI 1 Badar Dengan Metode Multifactor Evalution Process (MFEP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru Di SMA NEGERI 1 Badar Dengan Metode Multifactor Evalution Process (MFEP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru Di SMA NEGERI 1 Badar Dengan Metode Multifactor Evalution Process (MFEP)

(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Multifactor Evalution Process (MFEP)


ABSTRAK

SMA Negeri 1 Badar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di Kutacane juga merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang menuju Sekolah Standar Nasional. Oleh karena itu, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berprestasi dalam bidang pendidikan salah satunya adalah siswa yang dapat mendukung tujuan tersebut. Untuk memperoleh siswa yang unggul, berprestasi dan berkualitas dalam bidang pendidikan maka proses penyeleksian siswa baru harus menetapkan kriteria-kriteria yang sesuai dan juga harus dipersiapkan dengan semaksimal mungkin. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah system bantu keputusan untuk membantu panitia penerimaan siswa baru dalam menyeleksi calon siswa baru yang berbasis komputerisasi sehingga dapat menyeleksi setiap calon siswa baru. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternative aplikasi system yang membantu dalam mengambil keputusan untuk sistem penerimaan siswa. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Multifactor evaluation Process (MFEP). Metode MFEP adalah suatu metode dengan menuliskan faktor - faktor dan criteria perhitungannya dalam bentuk nilai bobot dari 0 sampai 1. Tahap selanjutnya dengan mengisikan nilai untuk setiap faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan dari data-data yang akan diproses.

Kata Kunci : Penyeleksian Calon siswa, sistem pendukung keputusan,multifactor evaluation process (MFEP)

1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Sekolah menengah atas SMA Negeri 1 Badar ini termasuk sekolah yang jumlah pendaftarnya tiap tahun meningkat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini menyebabkan panitia penerimaan siswa baru tidak dapat mengelola semuanya dengan baik dan merasa kewalahan menangani hal tersebut. Dikarenakan panitia menyeleksi data siswa satu persatu fomulir yang diserahkan calon siswa dan akan disalin ulang kedalam buku besar, Sehingga dirasa kurang optimal dan memerlukan waktu yang cukup lama baik dalam menyusun laporan atau memutuskan calon siswa baru yang akan diterima padahal idealnya penyeleksian calon siswa tersebut harus ditentukan secepat mungkin untuk mendukung siswa yang lain.

Untuk menyelesaikan persoalan diatas maka perlu untuk merancang sebuah aplikasi system bantu keputusan untuk membantu panitia penerimaan siswa baru dalam menyeleksi calon siswa baru. System pendukung keputusan dijadikan sebagai alternatife aplikasi system yang membatu dalam mengambil keputusan untuk system penerimaan siswa.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Multifactor Evalution Process (MFEP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.