Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pestisida Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Case Based Reasoning (CBR)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pestisida Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Case Based Reasoning (CBR)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pestisida Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Case Based Reasoning (CBR)

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Case Based Reasoning (CBR)

ABSTRAK

Pada saat ini penggunaan teknologi perangkat komputer telah berkembang pesat dan memasyarakat. Sebagian besar masyarakat menggunakannya tidak hanya untuk kepentingan secara komersial saja, tetapi juga untuk mendapatkan informasi secara cepat dan efesien dengan aplikasi berbasis komputer.

Perkembangan teknologi Pendukung Keputusan yang terjadi telah memungkinkan Sistem Pendukung Keputusan untuk diaplikasikan kedalam perangkat komputer dengan bahasa pemrograman. Diantaranaya membangun sistem informasi mengenai berbagai masalah dibidang Pertanian. Terutama masalah pemilihan pestisida yang tepat untuk tanaman Jagung berbisis. Metode yang digunakan adalah Case Based Reasoning(CBR) digunakan untuk menangani gejala yang dialami dan mendiagnosa gejala peyakit Tanaman Jagung.

Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan administrator, memungkinkan baik user maupun admnistrator untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhan masing-masing. User diberi kemudahan dalam mengetahui informasi berbagai macam gejala penyakit dan memilih Pestisida atau Insektisida yang tepat.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan Metode Case Based Reasoning(CBR), Pestisida dan Insektisida.



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Pada penyakit tanaman jagung tidak mengetahui lokasi dan tanam yang ditanam, melainkan pada cuaca yang sering berubah ubah tanpa disadari sehingga berdampak pada terganggunya tanaman akibat berbagai Hama dan penyakit tanaman yang hinggap pada tanaman. Pada saat tanaman terserang penyakit dan hama penggunaan pestisida perlu juga diperhatikan karena menyangkut keefesin suatu hasil tanam pada waktu-waktu tertentu. Dengan menggunakan pestisida dan waktu penggunaan yang berjangka dapat mengefektifkan perkembangan tanaman jagung. untuk memilih pestisida atau insektisida pada tanaman jagung, berdasarkan ciri-ciri penyakit dan memberikan solusi sesuai dengan pengalaman yang tepat dari kasus-kasus yang pernah dialami oleh petani pada masa lalu.

Untuk itu pendekatan penalaran kasus (Case Based Reasoning/CBR), digunakan dalam sistem pakar, Case-Based Reasoning (CBR) merupakan pendekatan untuk membangun pengetahuan berdasarkan kasus dan solusi pada masa lalu untuk mendapat kembali solusi pada kasus yang baru.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Case Based Reasoning (CBR), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.