Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menyeleksi Anggota Paskibra Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menyeleksi Anggota Paskibra Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menyeleksi Anggota Paskibra Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Setiap tahun, Dinas Pemuda dan Olahraga akan menyeleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI. Siswa-siswi dari beberapa sekolah se-kabupaten Simalungun akan dipanggil mewakili sekolah masing-masing untuk mengikuti seleksi Paskibraka. Selain harus didukung dengan kondisi fisik dan kesehatan yang prima, seorang anggota Paskibraka juga harus memiliki rasa nasionalisme, wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan kedisiplinan yang tinggi serta eterampilan dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Oleh karena pentingnya seleksi Paskibraka sehingga upacara nantinya dapat berjalan dengan baik, diharapkan agar kegiatan seleksi calon Paskibraka dilakukan dengan penuh kesungguhan dan melakukan penilaian seobjektif mungkin, agar hasil yang didapat nanti benar-benar berkualitas dan sukses membawa misi sebagai anggota Paskibraka dan ikut mengharumkan nama sekolah, nama daerah bahkan nama bangsa.Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Pada Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM), ada beberapa metode yang dipakai untuk penyelesaian masalah, salah satu diantaranya adalah Simple Additive Weighting (SAW).Simple Additive Weighting (SAW) yang dalam hal ini merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan system pendukung keputusan dalam menyeleksi anggota Paskibraka merupakan suatu metode yang menggunakan penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif yang dalam hal ini adalah anggota Paskibraka dengan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat dibandingkan dengan semua rating alternative atau anggota Paskibraka yang menjadi sampel.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, FMADM, Simple Additive Weighting.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang 

Siswa-siswi dari beberapa sekolah sekabupaten Simalungun akan dipanggil mewakili sekolah masing-masing untuk mengikuti seleksi Paskibraka. Selain harus didukung dengan kondisi fisik dan kesehatan yang prima, seorang anggota Paskibraka juga harus memiliki rasa nasionalisme, wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan kedisiplinan yang tinggi serta keterampilan dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Oleh karena pentingnya seleksi Paskibraka sehingga upacara nantinya dapat berjalan dengan baik, diharapkan agar kegiatan seleksi calon Paskibraka dilakukan dengan penuh kesungguhan dan melakukan penilaian seobjektif mungkin, agar hasil yang didapat nanti benar-benar berkualitas dan sukses membawa misi sebagai anggota Paskibraka dan ikut mengharumkan nama sekolah, nama daerah bahkan nama bangsa.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.