Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Biji Kopi Berkualitas Ekspor Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Biji Kopi Berkualitas Ekspor Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Biji Kopi Berkualitas Ekspor Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Simple Additive Weighting (SAW)
ABSTRAK

Biji kopi berkualitas ekspor yang akan diproduksi oleh perusahaan sangat mempengaruhi pendapatan atau keuntungan perusahaan itu sendiri, semakin baik kualitas yang diproduksi oleh perusahaan, maka kuantitas biji kopi yang akan di ekspor akan semakin tinggi. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem ini digunakan membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur.

Sebenarnya ada beberapa definisi yang berhubungan dengan kualitas, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa kualitas atau mutu adalah karakteristik dari suatu produk atau jasa yang ditentukan oleh pemakai atau customer dan diperoleh melalui pengukuran proses serta melalui perbaikan yang berkelanjutan (Continuous Improvement).

Metode Simpel Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut (Fishburn, 1967) (MacCrimmon, 1968). Metode Simple Additive Weighting (SAW) membutuhkan proses normalisasi matriks keputusa (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua alternatif yang ada.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Biji Kopi, Kualitas, SAW.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Kualitas adalah suatu faktor yang sangat berperan penting dalam dunia perdagangan. Semakin baik kualitas komoditas yang akan diperdagangkan, maka jumlah permintaan akan semakin tinggi. Biji kopi berkualitas ekspor dalam hal ini merupakan komoditas dari hasil pertanian dan perusahaan kopi yang bergerak dalam dunia perdagangan membutuhkan kualitas yang baik untuk tetap bersaing dipasar perdagangan internasional, penentuan biji kopi berkualitas sebagai bahan komoditas ekspor membutuhkan suatu ketepatan dalam proses pemilihannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan oleh konsumen. Keputusan pihak perusahaan dalam menentukan biji kopi berkualitas ekspor harus tepat sesuai dengan yangdiharapkan. Dalam membuat keputusan menentukan biji kopi berkualitas ekspor, diperlukan sebuah sistem yang tepat dalam menganalisa permasalahan, akurat, dalam penyelesaian dan efisien dalam penyajian data, salah satu sistem yang tepat sesuai dengan permasalahan tersebut yaitu sistem pendukung keputusan.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.