Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Kelas Unggulan Pada SMAN 1 Sei Rampah Menggunakan metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Kelas Unggulan Pada SMAN 1 Sei Rampah Menggunakan metode TOPSIS

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Kelas Unggulan Pada SMAN 1 Sei Rampah Menggunakan metode TOPSIS
(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Kelas Unggulan Pada SMAN 1 Sei Rampah Menggunakan metode TOPSIS

ABSTRAK

Dibentuknya kelas unggulan bertujuan untuk membentuk kelas dan siswa unggulan yang menjadi panutan bagi siswa lainnya untuk menjadi siswa yang berprestasi layaknya para siswa kelas unggulan yang sudah terpilih melalui seleksi beberapa kriteria. Selain itu dengan adanya kelas unggulan, guru dapat memberikan perlakuan yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan kecerdasan para siswa kelas unggulan yang lebih cerdas dan tanggap dibandingkan dengan kelas reguler.Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan
metode TOPSIS merupakan salah satu solusi untuk memfasilitasi pihak sekolah dalam menentukan penyeleksian siswa kelas unggulan. Dalam sistem yang dibuat, pihak sekolah secara fleksibel dapat menentukan aspek penilaian berdasarkan kriteria penilaian pada setiap aspek tersebut sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu pihaksekolah melakukan input nilai siswa untuk setiap aspek penilaian. Setelah input nilai siswa selesai dilaksanakan,sistem akan melakukan perhitungan sesuai prinsip TOPSIS yang pada akhirnya menghasilkan suatu penentuan peringkat yang dapat membantu pihak sekolah dalam membandingkan hasil belajar tiap siswa. Hasil perhitungan secara TOPSIS yang akan diperoleh adalah urutan nama siswa dari yang terbaik mendapat nilai tertinggi hingga siswa yang mendapat nilai terendah. Hasil tersebut memudahkan pihak sekolah dalam menentukan mana siswa yang berhak lulus masuk ke kelas unggulan dan mana yang tidak dengan mudah, cepat dan akurat.

Kata Kunci: Kelas unggulan, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pemilihan siswa kelas unggulan merupakan salah satu tahap penting dalam rangkaian pembelajaran yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) baik Negeri maupun Swasta. Pemilihan kelas unggulan pada SMA Negeri 1 Sei Rampah dilakukan pada siswa kelas X (Sepuluh) pada saat semester ganjil. Pemilihan kelas unggulan berbeda dengan pemilihan jurusan siswa. Dibentuknya kelas unggulan bertujuan untuk membentuk kelas dan siswa unggulan yang menjadi panutan siswa lainnya untuk menjadi siswa yang berprestasi layaknya para siswa kelas unggulan yang sudah terpilih melalui seleksi. Selain itu dengan adanya kelas unggulan, guru dapat memberikan perlakuan yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan kecerdasan para siswa kelas unggulan yang lebih cerdas dan tanggap dibandingkan dengan kelas reguler.

Rekruitmen (pemilihan) siswa kelas unggulan dilakukan berdasarkan beberapa kriteria. Adapun kriteria yang dilakukan adalah berupa penyaringan pertama siswa Kelas X (Unggulan) dilakukan berdasarkan peringkat umum sehingga dari 200 siswa menjadi 100 siswa, peringkat umum dilakukan berdasarkan NIM siswa pada SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) kelulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Penyaringan kedua melalui ujian test tertulis dari 100 siswa diperoleh 32 siswa. Ujian test tertulis berupa kelompok mata ujian bahasa (indonesia, inggris), MIPA (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia), IPS (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi,
Geografi) dan ujian Psikotes. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode TOPSIS, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.