Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Bekas Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Bekas Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Abstrak

Berbagai pilihan, baik itu type, model, atau feature akan menjadikan anda benar-benar dilemma sehingga anda sangat takut untuk menentukan sebuah keputusan. Oleh karena itu, beberapa tips membeli barang spesial dalam hal ini yaitu handphone bekas untuk mengantisipasi agar anda dapat berani menentukan pilihan tanpa dibebani oleh perasaan bingung. Sistem Pendukung Keputusan atau SPK penentuan pemilihan barang dengan metode (SAW) menghasilkan suatu sistem yang dapat menentukan suatu pilihan yang dapat membantu distributor dalam membuat keputusan. SPK merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Metode simple additive weight (SAW) yang menerapkan rata–rata terbobot untuk menghitung jumlah produksi sebagai hasil akhirnya. Metode SAW sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), , Simple Additive Weighting (SAW). 

Pendahuluan 

Masalah Karena banyak option atau pilihan memang dapat menyebabkan kebingungan, apalagi jika tidak memiliki pilihan yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sebuah keputusan. Kondisi tersebut biasanya sering dialami ketika anda ingin mencoba menentukan keputusan dalam membeli sebuah barang, apapun itu. Namun biasanya kondisi tersebut sering dialami ketika akan membeli barang yang termasuk ke dalam kategori spesial, misalnya handpone. Dalam kehidupannya, manusia selalu dihadapkan pada permasalahan untuk mengambil suatu keputusan. Hal ini sering terjadi dipenjualan pusat handphone, permasalahan yang muncul adalah terdapatnya kriteria-kriteria yang dapat manjadi acuan baik itu type, model, atau feature, dengan pesatnya perkembangan komputer dan meningkatnya kegunaan komputer, salah satunya sebagai alat bantu dalam pengambila keputusan maka dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan. 


Peneliti : Choirotunisah Siregar

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Bekas Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)




Kunci Pencarian : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.