Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Sertifikasi Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Sistem pendukung keputusan adalah sistem yang dipakai umtuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga pendidikan. Masalah mutu pendidikan merupakan syarat utama untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang maju, modern dan sejahtera. Maka sumber daya manusia (SDM) khususnya guru harus dipelihara dan diseleksi dengan tepat supaya menunjukkan kinerja yang baik dan optimal, serta berkualitas.

Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW ( Simple Additive Weighting ) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating Sertifikasi pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

Dari analisa maka diperoleh gambaran bahwa sistem pendukung keputusan kelayakan sertifikasi guru bisa dilakukan dengan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) dengan menggunakan program komputer yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga pengguna lebih mudah memperoleh hasil perangkingan yang lebih baik. Dengan adanya sistem pendukung keputusan kelayakan sertifikasi guru diharapkan dapat mempermudah dalam melihat hasil analisa sertifikasi guru

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, SertifikasiGuru, Metode SAW ( Simple Additive Weighting )


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Sistem Pendukung Keputusan / decision support sistem (DSS) merupakan sistem yang mampu mengamati dan meningkatkan kualitas jalannya perusahaan atau instansi, sistem ini menyediakan fasilitas untuk melakukan analisis sehingga proses pendukung keputusan yang dilakukan menjadi lebih berkualitas. Salah satu contohnya adalah penilaian sertifikasi guru.

Peratutan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standart Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional

Dalam hal ini permasalahan yang mendasar tentang sertifikasi guru yaitu proses yang telah memenuhi persyaratan seperti melengkapi portofolio, mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Program sertifikasi guru merupakan cara untuk meningkatkan kualitas guru sehingga kualitas pendidikan semakin meningkat dan pada gilirannya mempengaruhi prestasi anak didik.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.