Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Anak Dengan Metode Fuzzy Mamdani

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Anak Dengan Metode Fuzzy Mamdani

Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Anak Dengan Metode Fuzzy Mamdani
(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Anak Dengan Metode Fuzzy Mamdani

ABSTRAK

A reliable system is needed to help a man work in a company or organization to produce quality information, as well as rapid technological advances greatly affect humans indirectly. By using the computer as a tool in decision making in the determination of child care, which is supported by a decision-making method in which Mamdani is converted into Visual Basic 2008 programming language can support the speed of data processing as efficiently as possible.

Based on research conducted using interview techniques, as well as by studying books or literature relating to the issues discussed, it is expected the new system will be able to improve the quality of decisions, so that the designs can be beneficial to those in need. 

Keywords: Mamdani, Fuzzy


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia menjadi komputer cerdas yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang ahli. Melalui sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem ini juga akan dapat membantu aktivitas sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Sistem Pendukung Keputusan mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan
kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih ahli dalam bidang-bidang tertentu, dalam penyusunannya,. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu. 

Penerapan dengan bentuk Sistem Pendukung Keputusan yang fleksibel pada suatu organisasi dapat membantu perkerjaan manusia yang disesuaikan dengan kepentingan masing–masing organisasi. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan dapat dilakukan hampir pada semua fungsi bisnis di
organisasi, dari mulai fungsi perencanaan produksi maupun keuangan, fungsi pelayanan konsumen, penjualan maupun pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu metode dalam Pendukung keputusan adalah menggunakan Metode Mamdani yang sering juga dikenal dengan nama Metode Max-Min. Metode ini diperkenalkan oleh Ebrahim Mamdani pada tahun 1975. Dimana, Untuk memperoleh output diperlukan 4 tahapan yaitu : Pembentukan himpunan fuzzy,pada metode mamdani, baik variabel input maupun variabel output dibagi menjadi satu atau lebih himpunan fuzzy, Aplikasi fungsi impliksi (aturan) pada metode mamdani, fungsi implikasi yang digunakan adalah MIN Komponen aturan, pada tahapan ini sistem terdiri dari beberapa aturan, maka inferensi diperoleh dari kumpulan dan korelasi antar aturan. Ada 3 metode yang digunakan dalam melakukan inferensi sistem fuzzy, yaitu : max, additive dan probabilistik OR. Pada metode max, solusi himpunan fuzzy diperoleh dengan cara mengambil nilai maksimum aturan, kemudian menggunakannya untuk memodifikasi daerah fuzzy, dan mengaplikasikanya ke output dengan menggunakan operator OR (union).


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Mamdani, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.