Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode ELECTRE

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode ELECTRE

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode ELECTRE


(Jurnal Teknik Informatika)

Metode ELECTRE

ABSTRAK

Dalam pengambilan keputusan pemilihan siswa berprestasi penulis menggunakan metode Electre. Dimana Electre adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam MCDM (Multi-Criterion Decision Making). Penggunaan Electre adalah menentukan dan menghasilkan keputusan dari beberapa alternatif. Di dalamnya semua data digabung menjadi satu dengan bobot penilaian yang telah diperoleh melalui penilaian terhadap hasil tes.

Penulis mencoba merancang dan membangun sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi dengan menerapkan metode Electre, menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh panitia dalam pengambilan keputusan dan menerapkan metode Electre dalam menentukan siswa berprestasi.

Sistem pendukung keputusan bukan merupakan alat pengambilan keputusan, melainkan merupakan sistem yang membantu pengambil keputusan dengan melengkapi mereka dengan informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak di maksudkan untuk menggantikan pengambil keputusan dalam proses pembuatan keputusan.

Kata Kunci : Pendukung, Keputusan, Electre, Siswa , Berprestasi


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Strategi pendidikan yang ditempuh selama ini bersifat umum, memberikan perlakuan standar atau rata-rata kepada semua siswa, sehingga kurang memperhatikan perbedaan antar siswa dalam kecakapan, minat, dan bakatnya. Dengan strategi semacam ini, keunggulan akan muncul secara acak dan sangat tergantung kepada motivasi belajar siswa serta lingkungan belajarnya. Oleh karena itu, perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh setiap siswa agar potensi yang dimiliki dapat ikonversi menjadi prestasi yang unggul.

Pendidikan berkaitan erat dengan perkembangan manusia mulai perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial, sampai kepada perkembangan Iman. Perkembangan ini membuat manusia menjadi lebih sempurna, membuat manusia meningkatkan hidupnya dan kehidupan alamiah menjadi berbudaya dan bermoral.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode ELECTRE, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.