Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sekolah Favorit Tingkatan Menengah Pertama Swasta Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sekolah Favorit Tingkatan Menengah Pertama Swasta Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sekolah Favorit Tingkatan Menengah Pertama Swasta Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)
(Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sekolah Favorit Tingkatan Menengah Pertama Swasta Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

ABSTRAK

AHP merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model
pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi
suatu hirarki, menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Analitycal Hierarchy Prosess(AHP).

1. Pendahuluan
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu megembangkan potensinya baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional maupun sosial.

Sedangkan lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor yang berpengaruh terhadap pendidikan atau berbagai lingkungan tempat berlangsungnya proses pendidikan. Jadi lingkungan sekolah adalah kesatuan ruang dalam lembaga pendidikan formal yang memberikan pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi siswa.

Dalam pengambilan pemilihan sekolah menengah pertama yang baik dan benar bagi siswa Sekolah Dasar yang akan melanjutan pendidikannya , banyak sekali kriteria-kriteria yang harus dilihat dari banyaknya sekolah Negri dan sekolah Suasta yang beredar di pasaran saat ini, yaitu salah satu faktor menentukan kualitas dari sekolah tersebut, lokasi sekolah tersebut dan sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka penulis menyusun Skripsi ini dengan tujuan untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan dengan metode AHP (analitycal hierarchy process).


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.