Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making


(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making
ABSTRAK

Perkembangan usaha asuransi pada saat ini dengan pesat berkembang, dimana hal ini dapat membuat bingung calon nasabah dalam menentukan pilihan untuk memilih asuransi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Asuransi jiwa merupakan sebuah usaha dibidang jasa yang memberikan jaminan kepada nasabah nya apabila mereka mengalami kejadian yang beresiko terhadap hilang nya produktifitas yang berupa finansial. Namun kebanyakan nasabah yang justru menyesal setelah menjadi nasabah asuransi dikarenakan mereka kurang memahami akan asuransi itu sendiri.

Sistem informasi berbasis komputer dapat digunakan dalam memecahkan masalah berupa pengambilan keputusan yang sering disebut dengan sistem pendukung keputusan (Decision Support System) yang dapat membantu setiap orang dalam menentukan pilihan akan suatu permasalahan yang dihadapi. Adapun metode yang dapat digunakan dalam pemilihan asuransi jiwa adalah Fuzzy Multi Criteria Decision Making dimana setiap alternatif akan dilakukan perengkingan untuk memperoleh hasil terbaik.

Hasil akhir sistem berupa pengurutan data perusahaan asuransi jiwa yang dijadikan alat bantu dalam pengambilan keputusan bagi para calon nasabah.Sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu calon nasabah untuk memilih asuransi jiwa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan ,Asuransi Jiwa, Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making


1. Pendahuluan

Pada saat ini pertumbuhan usaha asuransi begitu pesat berkembang.Dengan begitu banyaknya program yang ditawarkan tentunya menjadi daya tarik bagi calon nasabah yang ingin menggunakan jasa asuransi.Produk asuransi yang ditawarkan pun bermacam mulai dari asuransi jiwa,kendaraan maupun asuransi terhadap properti ataupun bangunan.Untuk setiap calon nasabah program asuransi yang mereka butuhkan pastinya berbeda-beda pula.Namun kebanyakan orang akhirnya menyesal setelah masuk asuransi dikarenakan mereka kurang memahami akan kebutuhan mereka didalam berasuransi,sehingga yang terjadi mereka menganggap asuransi itu tidak bermanfaat.

Dalam kehidupan sehari-hari,setiap manusia dihadapakan dengan masalah pengambilan keputusan yang bermacam-macam. Dari keputusan yang mudah diambil, dan juga keputusan yang baru dapat diambil setelah dipertimbangkan segala macam aspek

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.