Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Dalam jenis pestisida, Memilih macam dan jenisnya yang begitu banyak beredar dipasaran dan beragamnya keunggulan-keunggulan yang ditawarkan produk pestisida kepada konsumen, sehingga para konsumen harus teliti dan cermat dalam memilih pestisida yang tepat, Karena seperti yang kita ketahui begitu banyak macam-macam jenis produk pestisida yang ditawarkan pihak produsen kepada konsumen. hal ini yang membuat para konsumen bingung disaat membeli pestisida. Maka ada perlunya sebelum para konsumen membeli pestisida tersebut haruslah para konsumen benar-benar paham akan jenis dan keunggulan pestisida yang dipilihnya. Agar para konsumen yang membeli pestisida tidak kecewa. Hal ini dimaksudkan agar produk pestisida yang dipilih para konsumen sesuai dengan keinginan para konsumen. Simple Additive Weighting (SAW) yang dalam hal ini merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem pendukung keputusan penentuan pemilihan pestisida merupakan suatu metode yang menggunakan penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif yang dalam hal ini adalah produk pestisida dengan prsoes normalisasi matriks keputusan (X) kesuatu skala yang dapat dibandingkan dengan semua rating alternatif atau jenis pestisida yang menjadi sampel.

Kata Kunci : Pestisida, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Simmple Additive Weighting.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat, atau membasmi organisme penggangu. Nama ini berasal dari pest yang berarti hama yang diberi akhiran cide yang berarti pembasmi. Sasarannya bermacam-macam, seperti serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, atau mikrobia yang dianggap mengganggu.dalam bahasa sehari-hari, pestisida seringkali disebut sebagai racun.

Dalam menetukan pengambilan keputusan pemilihan pestisida yang baik dan benar, banyak sekali kriteria-kriteria yang harus dilihat dari banyaknya produk pestisida yang beredar di pasaran saat ini. yaitu salah satu faktor menentukan kualitas dari produk tersebut dalam keberhasilan peningkatan produktivitas panen. Secara empiris, pemanfaatan pestisida sebagai salah satu komponen teknologi telah memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kualitas panen.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka penulis menyusun skripsi ini dengan tujuan untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan dengan metode SAW (simple additive weighting). metode ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan berbagai macam faktor yang ada seperti fitur-fitur yang ditawarkan oleh masingmasing jenis produk Pestisida tersebut. Sehingga diharapkan dapat dihasilkan suatu solusi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen maupun produsen dalam mengambil suatu kebijakan atau keputusan. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan pada aplikasi yang telah dibuat didapatkan hasil bahwa metode dengan didukung data polling akan menghasilkan suatu pandangan yang dapat dipercaya dalam mengambil suatu kebijakan atau keputusan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SAW (simple additive weighting) dapat bekerja dengan baik. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat bermanfaat dan memberi nilai tambah bagi semua pihak, khususnya konsumen maupun produsen yang telah menggunakan aplikasi ini.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.