Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jabatan Area Supervisor Pada PT.Indomarco Priastama Dengan Metode Profile Matching

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jabatan Area Supervisor Pada PT.Indomarco Priastama Dengan Metode Profile Matching

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jabatan Area Supervisor Pada PT.Indomarco Priastama Dengan Metode Profile Matching
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jabatan Area Supervisor Pada PT.Indomarco Priastama Dengan Metode Profile Matching


ABSTRAK

Pemilihan kepala toko berkualitas dan layak sesuai kebutuhan perusahaan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyeleksi dan mempromosikan kepala toko untuk naik jabatan menjadi Area Supervisor. Seleksi ini digunakan untuk menilai kemampuan calon Area Supervisor secara objektif bukan subjektif. Penelitian ini mengambil data dari PT Indomarco Prismatama Medan berupa nilai bobot setiap atribut seperti aspek intelektual, aspek sikap kerja dan aspek perilaku kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal yaitu kepala toko yang layak menjadi Area supervisor.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profile Matching. Konsep dari metode ini adalah membandingkan kemampuan individu kepala toko terhadap nilai ideal dari perusahaan. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi kepala toko yang layak dan berpotensi menjadi area supervisor dari sejumlah kepala toko yang ada.

Hasil rekomendasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam hal pengambilan keputusan yang disajikan dalam bentuk peringkat. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu Manajer HRD dalam menentukan kepala Toko yang layak menjadi area supervisor. 

Kata kunci : Profile Matching, Sistem Pendukung keputusan, Kriteria


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sistem pendukung keputusan berkembang di awal era komputasi terdistribusi dan mulai berkembang pada tahun 1960-1970an, sebagai akibat dari sejumlah faktor antara lain : teknologi hardware dan software, usaha penelitian oleh akademisi dari perguruan tinggi, mulai tumbuhnya kesadaran mengenai menunjang suatu keputusan, keinginan untuk mendapatkan informasi yang lebih baik, meningkatnya gejolak ekonomi, tingkat persaingan yang semakin ketat,sehingga bermunculanlah badan Penelitian Sistem pendukung keputusan dari
kalangan akademisi untuk melakukan penelitian pada perusahaan dan salah satu aset terpenting perusahaan
adalah Sumber Daya manusia. Pengelolaan Sumber daya manusia didalam suatu organisasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kualitas dan kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Untuk dapat mengelola dan mendayagunakan sumber daya dengan tepat mutlak diperlukan pendekatan strategis terhadap peningkatan kinerja organisasi, untuk itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang efektif. 

Pada tahun 2013 PT. Indomarco Prismatama Medan memiliki 426 cabang toko yang tersebar di wilayah sumatera utara. Untuk pemilihan jabatan area supervisor Branch HRD PT. Indomarco Prismatama melakukan seleksi untuk mendapatkan calon Area Supervisor yang potensial dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun terdapat kendala dalam proses pemilihan kepala toko yaitu tingkat kesulitan memilih kepala toko yang layak dipilih menjadi area supervisor dan Branch manager belum tentu mengenal lebih mendalam kepala toko yang layak dipilih tersebut. Hal ini akan menjadi kendala yang cukup signifikan dalam rangka kenaikan jabatan dari tiap kepala toko karena hal-hal tersebut harus dilakukan uji kompetensi tiap individu guna menduduki posisi area supervisor .



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Profile Matching , sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.