Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menetukan Siswa Kelas Ungglan Pada SMPN 3 Tanjung Morawa Dengan Metode Weighted Product

Jurnal : Sistem Keputusan Untuk Menetukan Siswa Kelas Ungglan Pada SMPN 3 Tanjung Morawa Dengan Metode Weighted Product

Sistem Keputusan Untuk Menetukan Siswa Kelas Ungglan Pada SMPN 3 Tanjung Morawa Dengan Metode Weighted Product
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Keputusan Untuk Menetukan Siswa Kelas Ungglan Pada SMPN 3 Tanjung Morawa Dengan Metode Weighted Product

ABSTRAK

Sistem pendukung keputusan sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang terdiri atas komponen-komponen antara lain komponen sistem bahasa (language),komponen sistem pengetahuan (knowledge) dan komponen sistem pemrosesan masalah (problem processing) yang saling berinteraksi satu dengan yang
lainnya.Weighted Product merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang
kompleks menjadi suatu hirarki, menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis.Dari hasil penelitian menunjukkanpemanfaatanWeighted Product sebagai model sistem pendukung keputusan penentuan siswa kelas unggulan pada SMP Negeri 3 Tanjung Morawa dapat membantu admin dalam menentukan siswa yang berhak masuk kekelas unggulan dengan pembobotan multikriteria dan seleksi dengan lebih cepat, cermat dan lebih efektif.

Kata kunci : sistem pendukung keputusan, weighted product, siswa kelas unggulan


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan, komputer sangat penting dalam menunjamg perkembangan sekolah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada sekolah tersebut. Namun, karena dibatasi oleh kemampuan mengoperasikan komputer tersebut sampai sekarang masih banyak yang mengelola data dengan menggunakan komputerisasi sederhana dan faktor kurangnya penunjang yang lebih luas dalam menentukan siswa yang layak masuk kelas unggulan. Seperti pada sekolah SMP Negeri 3Tanjung Morawa, dalam seleksi siswa kelas unggulan masih menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel, sehingga ekstensitas kesalahan cukup tinggi dan kurang memuaskan.

Masalah yang terjadi pada SMP Negeri 3Tanjung Morawa adalah pemilihan siswa kelas unggulan yang kurang memuaskan. Dengan menggunakan metode Weighting Product (WP). Riza Alfita (2012) “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produk Unggulan Daerah Dengan Menggunakan metode Weighted Product”. Metode Weigting Product (WP) merupakan salah satu metode dari sekian metode yang digunakan dalam pengambilan suatu keputusan. Untuk menggunakan metode sistem pendukung keputusan harus memiliki kriteria-kriteria yang akan digunakan dalam penentuan penjurusan, selain itu harus menentukan tingkat kepentingan dari tiap-tiap kriteria Metode weighting product memerlukan proses normalisasi karena metode ini mengalihkan hasil penilaian setiap atribut. Hasil perkalian tersebut belum bermakna jika belum dibandingkan (dibagi) dengan nilai standart. Bobot untuk atribut manfaat berfungsi sebagai pangkat positif dalam proses perkalian, sementara bobot biaya berfungsi sebagai pangkat negatif.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Weighted Product, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.