Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode TOPSIS

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode TOPSIS

ABSTRAK

Sekarang ini banyak sekali terdapat lembaga bimbingan belajar yang menawarkan jasa pendidikan tambahan selain pendidikan formal (sekolah). Lembaga tersebut biasa dikenal istilah bimbel (bimbingan belajar), kursus ataupun les. Lembaga-lembaga tersebut menyediakan sarana prasarana yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan calon peserta SBMPTN. Oleh karena itu calon peserta SBMPTN harus bisa memilih dengan tepat lembaga bimbingan belajar yang akan diikuti agar tiddak menyesal dikemudian hari, untuk itu diperlukan sisten pendukung keputusan untuk membantu peserta menentukan lembaga bimbingan belajar yang tepat.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah metode TOPSIS (Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Pemilihan lembaga bimbingan belajar bagi calon peserta SBMPTN ditentukan oleh beberapa kriteria yaitu biaya, fasilitas, jumlah pertemuan, dan kapasitas per kelas. Langkah-langkah TOPSIS yaitu, membangun sebuah matriks keputusan, membuat matriks keputusan yang ternormalisasi, membuat matriks keputusan yang ternormalisasi terbobot, menentukan solusi ideal positif dan negatif, menghitung separasi, menghitung kedekatan relatif terhadap solusi ideal positif dan merangking alternatif.

Hasil akhir dari sistem ini berupa pengurutan data lembaga bimbingan belajar yang akan dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan ini akan membantu calon peserta SBMPTN dalam memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar, Metode TOPSIS


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Pemerintah akan menyelenggarakan Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Tinggi Negeri (SNMPTN) Tertulis sebagai salah satu jalur independen yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menyaring siswa baru di lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa melihat latar belakang sekolah, ekonomi, dan tingkat sosial yang dilakukan secara tertulis. Jadwal Resmi ujian SBMPTN 2013 diperkirakan sekitar 11-12 Juni 2013. (sumber: http://www.sbmpt.com /p/sbmptn.html ).

Pertumbuhan LBB di kota Medan sangatlah pesat seperti Lembaga Bimbingan Belajar BIMA, MEDICA, GO(Ganesha Operation), SSC(Sony Sugema College), Primagama, Adzkia dll, sehingga calon peserta SBMPTN susah untuk memilih LBB yang tepat.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Metode TOPSIS, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.