Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rogram Studi Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rogram Studi Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

 Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rogram Studi Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)
 (Jurnal Teknik Informatika)


Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)


ABSTRAK

Penilitian ini bertujuan menganalisis dan merancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menjadi acuan dalam memilih program studi yang sesuai dengan ke inginan calon mahasiswa. Seringnya calon mahasiswa salah dalam memilih program studi yang tidak sesuai dengan keinginannya menjadikan sistem pendukung keputusan pemilihan program studi perlu di buat untuk mempermudah para calon mahasiswa dalammemilih program studi yang diinginkanya. Sebagian besar data yang mereka proleh hanya berupa data dari bimbingan studi harus mengikuti tes try out. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem pendukung keputusan dalam memilih program studi.

Data dikumpulkan dari metode observasi, selanjutnya metode analytical hierarcy proses (AHP) digunakan untuk mengolah beberapa kriterria, yakni prospek kerja prodi, daya tamping prodi, peminat prodi, dan akreditasi prodi. Sistem yang di rancang menggunakan bahasa pemograman PHP dan aplikasi MySQL dalam mengolah data dan di tampilkan ke dalam bentuk WEB. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pendukung keputusan yang di rancang dapat menhasilkan informasi prioritas program studi yang sesuai dengan keinginan calon mahasiswa sehingga dapat di gunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pemilihan program studi.

Kata-Kata Kunci: Program Studi, Analytical Hierarcy Proses (AHP), PHP, MySQL, WEB, SPK




1. Pendahluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Pengambilan keputusan merupakan bagian kunci kegiatan dari eksekusif. Manajer, karyawan, mahasiswa dan setiap manusia dalam kehidupannya. Masalah yang biasa terjadi dalam pengambilan keputusan adalah informasi tidak cukup. Terlampau banyak yang tidak akurat, tidak mampu menganalisis masalah dan banyak lagi yang lainya (Dewi, 2008).

Program studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik atau profesi. Kesamaan program studi terbukti bisa sangat berpengaruh terhadap pendaftaran calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Calon mahasiswa cenderung memilih program studi di perguruan tinggi yang favorit dan sudah lama berdiri, dari pada perguruan tinggi yang baru berdiri dan kurang favorit di masyarakat. Hal ini kemudian menjadi indikasi bahwa sebanyak 30% perguruan tinggi, khususnya swasta di Indonesia mengalami gulung tikar. Sehingga, menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), perguruan tinggi harus mampu bersaing, beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat dan kreatif, dimana tuntutan di bidang bisnis dan kebutuhan tenaga kerja sedang terjadi perubahan yang cepat.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.