Jurnal : Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aljabar Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aljabar Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aljabar Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Web Based Learning (WBL)

ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang di pelajari sejak memulai proses pendidikan dini. Salah satu materi yang terdapat di dalamnya yaitu mempelajari aljabar yang merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari penyederhanaan serta pemecahan masalah menggunakan simbol yang menjadi pengganti konstanta atau variabel. Permasalahan yang sering terjadi adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah di dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi-materi yang ada pada pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat antara lain dari hasil belajar.

Untuk itu, model pembelajaran yang berkaitan dengan perangkat teknologi diperlukan untuk kegiatan praktik langsung pada objek kajian sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran teori. Pembelajaran teori ini sering membuat peserta didik bosan bila dibandingkan dengan kegiatan praktik yang langsung dilakukan di depan komputer ataupun dengan alat-alat teknologi lainnya. Pembelajaran ini mengharuskan siswa untuk membaca buku untuk memahami konsep.

Dengan menerapakan model pembelajaran WBL (Web Based Learning) ini menggunakan metode pembelajaran strategis dengan memberikan materi Aljabar, latihan dan Video Pembelajaran. Adanya media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran yang mandiri sehingga dapat membantu untuk mengembangkan kemampuannya

Kata Kunci : Materi Aljabar, Web Based Learning (WBL)



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Pelajaran Fiqih merupakan mata pelajaran yang penting untuk diajarkan kepada siswa. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat antara lain dari hasil belajar siswa. Sehingga standar bagi keberhasilan belajar biasanya ditetapkan dengan nilai hasil belajar siswa. Dari pengamatan di kelas terungkap bahwa umumnya siswa memperhatikan apabila guru menjelaskan materi pelajaran dan memberikan latihan soal-soal. Namun komunikasi di kelas umumnya terjadi satu arah yang didominasi oleh guru.

Dalam pembelajaran jarang ada siswa yang bertanya, baik terhadap guru maupun temannya. Bila menghadapi soal latihan yang sulit, hanya sebagian kecil siswa yang tertantang untuk menyelesaikannya. Siswa lainnya hanya menunggu guru membahas soal tersebut. Kondisi ini menunjukkan bahwa umumnya siswa bersifat pasif. Hal ini merupakan salah satu penyebab belum tercapainya standar keberhasilan yang ditetapkan kurikulum.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal Game, Metode Web Based Learning (WBL), Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.