Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Dengan Metode Simple Additive Weighting

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Dengan Metode Simple Additive Weighting

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Dengan Metode Simple Additive Weighting
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Dengan Metode Simple Additive Weighting


ABSTRAK

Sistem penentuan bonus pada PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) saat ini masih dilakukan secara manual. Dengan mengecek satu persatu kriteria yang dijadikan pedoman dasar dalam pengambilan keputusan berapa banyak jumlah bonus yang akan diberikan kepada karyawan setiap tahunnya.

Istilah kompensasi mengacu kepada semua bentuk balas jasa baik berupa fisik maupun non fisik kepada karyawan yang diberikan oleh perusahaan, salah satu kompensasi yang diberikan yaitu bonus. Bonus merupakan segala sesuatu yang diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada seseorang yang umumnya merupakan objek yang dikecualikan dari pajak pendapatan.

Pemanfaatan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sangat tepat jika diterapkan pada permasalahan ini. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, Dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu menentukan jumlah bonus di Desa Sei Karang kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan kriteria dan alternatif yang
optimal.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan Bonus, Simple Additive Weighting (SAW).


1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Lingkungan yang kompleks di masa kini menuntut suatu logika baru, suatu cara baru untuk menangg ulangi faktor yang sangat banyak mempengaruhi pencapaian tujuan dan konsistensi pertimbangan yang biasa digunakan untuk menarik kesimpulan yang valid. Kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan cermatakan menjadi kunci keberhasilan dalam persaingan global di waktu mendatang.

Sistem penentuan bonus pada PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) saat ini masih dilakukan secara manual. Dengan mengecek satu persatu kriteria yang dijadikan pedoman dasar dalam pengambilan keputusan berapa banyak jumlah bonus yang akan diberikan kepada karyawan setiap tahunnya


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : JurnalMetode Simple Additive Weighting ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.