Jurnal :Implementasi Algoritma String Matching Pada Kamus Istilah-Istilah Kedokteran Berbasis Android

Jurnal :Implementasi Algoritma String Matching Pada Kamus Istilah-Istilah Kedokteran Berbasis Android

Jurnal :Implementasi Algoritma String Matching Pada Kamus Istilah-Istilah Kedokteran Berbasis Android
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma String Matching


ABSTRAK

Kamus merupakan alat bantu yang digunakan untuk menterjemahakan suatu bahasa. Penggunaan kamus sangat diperlukan namun tidak mempersulit pengguna saat menggunakannya dan dapat mempermudah pemakai dalam menterjemahkan suatu bahasa tanpa harus membawa kamus yang berbentuk buku yang memiliki ketebalan dan bobot yang cukup berat. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi dimana aplikasi tersebut berupa kamus mobile, yang dapat dipasang pada perangkat mobile berbasis android. Dan untuk mempermudah pencarian kata dalam kamus mobile tersebut, aplikasi ini dirancang dengan menggunakan algoritma string matching.

Kata kunci : Kamus, Android, String matching


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Kamus adalah sejenis buku acuan yang tersusun berdasarkan abzad dan berisi tentang istiilah-istilah beserta makananya. Kamus sangat dibuthkan dalam dunia pendidikan untuk mencari tahu kata atau istilah ingin diketahui maknanya. Dalam dunia pendidikan ditemuakan banyak isitilah-istilah yang dugunakan, misalnya dalam ilmu kedokteran. Dalam kedokteran ada ditemukan kamus, dan sebagian besar kamus tersebut dalam ukuran besar, para pengguna kamus tersebut mengalami kendala dalam membawa kamus tersebut karena berat. Kamus inilah yang penulis akan jadikan dalam suatu aplikasi berbasis mobile. Mobeli yang digunakan adalah mobile dengan sistem operasi android. Pada masa ini android adalah suatu mobile yang digandrungi banyak orang, karena bersifat open source. Kamus istilah kedokteran tersusun dari berbagai bahasa,yang apabila dijadikan suatu aplikasi maka pencarian katanya akan memerlukan waktu lama, karean mobile tersebut tidak bisa menampilkan semua istilah yang ada, untuk mempermudah masalah pencarian kata tersebut, maka kamus ini dirancang dengan menggunakan algoritma stirng matching. Algoritma string matching merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk memecahkan masalah pencocokan suatu teks terhadap teks lain.algoritma stirng yang digunakan adalah algoritma brute force.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma String Matching ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.


1 comments:

avatar

thanks untuk bahan pembelajaran semoga bermanfaat gan

Balas