Jurnal : Implementasi Metode Simpleks Untuk Maksimasi Pendistribusian Barang Kiriman

Jurnal : Implementasi Metode Simpleks Untuk Maksimasi Pendistribusian Barang Kiriman

Implementasi Metode Simpleks Untuk Maksimasi Pendistribusian Barang Kiriman
(Jurnal Teknik Informatika)



Implementasi Metode Simpleks Untuk Maksimasi Pendistribusian Barang Kiriman



ABSTRAK

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurier (JNE) Medan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Banyak produsen yang mengirim barang kiriman kepada konsumennya mengguanakan jasa JNE. Dalam pengiriman barang juga masih sering tidak sampai tepat waktu karena kendala dalam perjalanan yang ditempuh sering terjadi macet, tidak adanya orang yang menerima barang pada rumah yang dituju atau alamat pada barang yang akan dikirim tidak jelas karena pemilik rumah sudah pindah sehingga barang dibawa kembali ke kantor lalu diberikan kepada bagian customer care untuk menanyakan alamat kepada yang mengirim barang dan agar yang menerima barang dapat mengambilnya ke kantor JNE. Hal ini juga menyebabkan terjadinya besarnya biaya pengiriman barang.

Sistem pengiriman barang adalah suatu organisasi untuk memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman barang yang saling berkaitan dan tersusun untuk juga dapat meminimalkan biaya. Untuk Penentuan solusi
optimal menggunakan metode simpleks didasarkan pada teknik eleminasi Gauss Jordan. Penentuan solusi
optimal dilakukan dengan memeriksa titik ekstrim satu per satu dengan cara perhitungan iteratif. Sehingga penentuan solusi optimal dengan simpleks dilakukan tahap demi tahap yang disebut dengan iterasi.

Dengan penelitian ini diharapkan Pada JNE dalam penentuan biaya pendistribusian barang yang dikirim berdasarkan jenis barang, berat barang dan tujuan pengiriman. Menentukan pendistribusian barang ke konsumen agar biaya yang optimal (biaya minimal) dengan cara input data paket, input data klien, mengkalkulasikan biaya dengan algoritma simpleks. Dalam perancangan aplikasi maksimasi pendistribusian barang kiriman terdiri dari form login, form menu utama, data klien, data paket,data petugas, data biaya pengeluaran.

Kata kunci: Pendistribusian, Simpleks, Biaya Minimal


1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendistribusian produk sering kali menjadi masalah serius yang dihadapai oleh banyak perusahaan. Tidak sedikit yang mengalami kerugian akibat hilangnya peluang penjualan, bahkan surutnya brand image sebuah produk akibat dari produk tersebut tidak didistribusikan secara baik dan optimal ( Nikmatul dkk, Jurnal Vol.3 No 5 2011)

Pada dasarnya perusahaan sudah mempunyai sistem komputer tetapi penggunaannya belum menyeluruh dalam segala bidang yang ada. Sehingga dalam pengolahan data di perusahaan masih terkesan lambat karena minimnya fasilitas komputer yang digunakan dalam perusahaan, sehingga karyawan bergantian dalam memakai komputer dan sebagian pekerjaan masih ada yang dikerjakan secara manual yang mengakibatkan kurang efektif dan efesien didalam pelaksanaan pengiriman barang.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simpleks ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.