Jurnal : Perancangan Aplikasi Penjadwalan Job Shop Dengan Menggunakan Algoritma Simulated Anneling

Jurnal : Perancangan Aplikasi Penjadwalan Job Shop Dengan Menggunakan Algoritma Simulated Anneling

 Perancangan Aplikasi Penjadwalan Job Shop Dengan Menggunakan Algoritma Simulated Anneling
(Jurnal Teknik Informatika)



 Perancangan Aplikasi Penjadwalan Job Shop Dengan Menggunakan Algoritma Simulated Anneling


ABSTRAK

Penjadwalan merupakan aspek penting dalam perencanaan dan pengendalian proses penyelesaian  serangkaian pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Penjadwalan Job shop yang merupakan hasil penelitian, permasalahan yang terjadi adalah tingkat utilisasi masih rendah. Dari pengamatan awal, diduga permasalahan
yang dihadapi disebabkan oleh metode yang belum tepat. Penelitian dimaksudkan untuk mengusulkan metode penjadwalan menggunakan metode simulated annealing.

Penjadwalan pekerjaan pada mesin sangat perlu dilakukan oleh perusahaan untuk menyusun suatu urutan prioritas kerja (sequencing) yang sesuai dengan loading beban kerja pada seluruh stasiun kerja jika telah dapat dipastikan kebutuhan (requirements) akan segala sumber telah terpenuhi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh F.Busetti (2007) tentang penjadwalan flowshop, jadwal produksi hanya dapat disusun ketika seluruh sumber telah tersedia (available) antara lain pengadaan bahan baku ,kapasitas operator ,kapasitasmesin,dan rancangan gambar teknik dari produk yang diproduksi. Jadwal harus disusun untuk mendapatkan total waktu penyelesaian order yang minimum.

Pendekatan yang populer dalam job shop adalah pendekatan pencarian lokal (local search approach). Algoritma pencarian lokal ini didasarkan pada kepastian struktur tetangga dan beberapa aturan yang digunakan untuk mencari solusi baru dari data yang ada. Pendekatan pencarian lokal ini meliputi simulated annealing, tabu search, algoritma genetic dan lain-lain.

Key : Aplikasi Penjadwalan Job Shop, Algoritma Simulated Anneling


1. Pendahuluan
Penjadwalan merupakan aspek penting dalam perencanaan dan pengendalian proses penyelesaian serangkaian pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Penjadwalan Job shop yang merupakan hasil penelitian, permasalahan yang terjadi adalah tingkat utilisasi masih rendah. Dari pengamatan awal, diduga permasalahan yang dihadapi disebabkan oleh metode yang belum tepat. Penelitian dimaksudkan untuk mengusulkan metode penjadwalan menggunakan metode simulated annealing.

Kesulitan dari masalah optimasi mendorong perkembangan dari teknik optimasi yang ada. Teknik teknik yang ada biasanya diambil dari ide-ide yang diperoleh dari berbagai area penelitian. Metode simulated annealing menghasilkan makespan sekaligus delay paling minimum diantara ketiga metode yang diperbandingkan dan secara otomatis tingkat utilisasi penggunaan mesin yang dihasilkan pun meningkat. Penulis memberi manfaat yang didapat dari penggunaan metode simulated annealing.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Algoritma Simulated Anneling ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.