Jurnal :Perancangan Aplikasi Game Labirin Dengan Menggunakan Algoritma Backtracking

Jurnal :Perancangan Aplikasi Game Labirin Dengan Menggunakan Algoritma Backtracking

Jurnal :Perancangan Aplikasi Game Labirin Dengan Menggunakan Algoritma Backtracking
(Jurnal Teknik Informatika)
Algoritma Backtracking


ABSTRAK

Permainan sering dilakukan masyarakat pada jaman sekarang adalah permainan yang dilakukan di komputer dan di handphone seperti game labirin. Labirin adalah sebuah permainan mencari jalan keluar dimana dalam perjalanan labirin ini banyak mendapat rintangan/halangan untuk sampai pada tujuan tetapi dalam menempuh perjalanan tersedia bonus score apabila dapat menghemat waktu yang ditentukan agar mendapat bonus score dan dapat menaikkan kelevel berikutnya maka untuk mencapai tujuan diperlukan sebuah solusi, solusi yang dipakai adalah algoritma backtracking. Algoritma Backtracking (runut-balik) merupakan sebuah algoritma yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi game labirin karena cara kerjanya mencari jalan keluar yang bertujuan untuk menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selama proses penentuan jalur tersebut, jika menemui jalan buntu maka akan dilakukan proses backtrack sampai kembali menemukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan. Proses mencari jalan keluar permainan labirin dengan cara membentuk lintasan dari akar ke daun dan simpul-simpul yang sudah dilahirkan dinamakan simpul hidup, jika lintasan yang diperluas yang sedang dibentuk tidak mengarah ke solusi, maka simpul tersebut “dibunuh” sehingga menjadi simpul mati (dead node). Simpul yang sudah mati ini tidak akan diperluas lagi.

Kata kunci : Aplikasi Game Labirin, Algoritma Backtracking


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Permainan Labirin adalah sebuah permainan mencari jalan keluar dimana dalam perjalanan labirin ini banyak mendapat rintangan/halangan untuk sampai pada tujuan tetapi dalam menempuh perjalanan tersedia bonus score apabila dapat menghemat waktu yang ditentukan. Pada saat ini masih banyak user bingung mencari jalan keluar, bagaimana cara mendapat bonus score dan dapat menaikkan kelevel berikutnya maka untuk mencapai tujuan diperlukan sebuah solusi, solusi yang dipakai adalah algoritma backtracking. Algoritma Backtracking (runut-balik) merupakan sebuah algoritma yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi game labirin karena cara kerjanya mencari jalan keluar yang bertujuan untuk menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selama proses penentuan jalur tersebut, jika menemui jalan buntu maka akan dilakukan proses backtrack sampai kembali menemukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan. Algoritma backtracking (runut balik) pada persoalan ini dipandang sebagai pembentukan pohon ruang status. Akar dari pohon adalah labirin awal, dan anak-anaknya adalah labirin yang dihasilkan dari pergerakan satu langkah dari labirin semula.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Backtracking,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.