Jurnal : Perangkat Lunak Untuk Identifikasi Dan Pengenalan Huruf Braille Dengan Algoritma Perceptron

Jurnal : Perangkat Lunak Untuk Identifikasi Dan Pengenalan Huruf Braille Dengan Algoritma Perceptron

Jurnal : Perangkat Lunak Untuk Identifikasi Dan Pengenalan Huruf Braille Dengan Algoritma Perceptron
(Jurnal Teknik Informatika)
Algoritma Perceptron


ABSTRAK

Dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat, maka Personal komputer kini dapat meniru sistem kerja dari jaringan syaraf biologi atau sistem syaraf manusia untuk diaplikasikan pada suatu jaringan syaraf tiruan (JST). Metode jaringan syaraf tiruan dikembangkan dengan berbagai cara, guna mengenali pola-pola yang dimasukkan ke jaringan tersebut. Salah satu aplikasi dari jaringan syaraf tiruan dapat diterapkan pada pengenalan pola huruf braille. Untuk itulah Metode yang digunakan yaitu Metode Peceptron untuk dapat mengembangkan Huruf Braille. Sistem ini di kembangkan menggunakan bahasa pemograman visual basic 6.0. Analisis kebutuhan perangkat lunak Metode Perceptron dilakukan untuk menguji hasil input dan outputnya.

Kata kunci : Huruf Braille, Perceptron


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Komputer memiliki kemampuan komputasi yang tinggi, untuk meningkatkan komputasi yang tinggi atau untuk meningkatkan kinerja dalam pengolahan data menjadi informasi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan teknologi tersebut memasukkan data ke dalam komputer. Salah satu teknik memasukkan data adalah pengenalan huruf cetak (printed character recognition). Pengenalan huruf cetak adalah sebuah teknik dimana data yang berupa lembaran kertas dapat di scan menggunakan scanner dan menghasilkan gambar yang pada komputer yang dikenali sebagai titik-titik (bitmap), bitmap inilah yang kemudian diproses lebih lanjut dengan menggunakan algoritma tertentu menjadi karakter sehingga dapat dikenali dan diolah menjadi informasi Braille adalah sejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh orang buta. Sistem ini diciptakan oleh Louis Braille yang berasal dari Negara Perancis yang dari masa kecilnya sudah buta. Ketika berusia 15 tahun, Braille membuat suatu tulisan tentara untuk memudahkan tentara untuk membaca ketika gelap. Tulisan ini dinamakan huruf Braille.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Perceptron ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.