Jurnal : Implementasi Algoritma Winnowing Untuk Deteksi Kemiripan Text

Jurnal : Implementasi Algoritma Winnowing Untuk Deteksi Kemiripan Text

Implementasi Algoritma Winnowing Untuk Deteksi Kemiripan Text
(Jurnal Teknik Informatika)



Implementasi Algoritma Winnowing Untuk Deteksi Kemiripan Text


ABSTRAK

Praktek dokumen plagiarisme sering diterapkan oleh akademisi di tingkat sekolah dan universitas yang tidak mencerminkan sikap seorang yang sangat kreatif dan dididik sebagai intelektual. Kadang-kadang tindakan plagiarisme telah dimodifikasi dengan mengganti kata-kata yang mengandung sinonim, dengan maksud agar
terlihat berbeda dari artikel asli.

Sistem deteksi duplikasi menggunakan algoritma menampi yang outputnya berupa seperangkat nilai nilai hash sebagai fingerprinting dokumen yang diperoleh melalui metode k-gram. Masukan dari proses dokumen fingerprinting adalah file teks. Kemudian outputnya akan menjadi satu set nilai hash, yang disebut sidik jari. Fingerprint inilah yang akan menjadi dasar perbandingan antara file teks yang telah dimasukkan.

Adanya pengakuan konsep sinonim dimaksudkan untuk dapat mengenali kata-kata yang mengandung sinonim sebagai tindakan plagiarisme. Mendeteksi duplikat menggunakan sinonim mendapatkan persentase lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan sinonim.

Kata Kunci : Plagiat, dokumen, fingerprinting, Algoritma winnowing, k-grams, persamaan kata


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pemanfaatan teknologi digital telah menjadi kebutuhan dalam era modern saat ini. Komponen yang ada di dalam dunia digital salah satunya adalah dokumen teks. Dokumen dalam bentuk digital memudahkan dalam hal penyimpanan, efisien, mudah dicari, bahkan mudah dalam hal penjiplakan.

Penjiplakan atau plagiarisme berarti mencontoh atau meniru atau mencuri tulisan dan karya orang lain yang kemudian diakui sebagai karangannya sendiri dengan ataupun tanpa seizin penulisnya. Penjiplakan dokumen digital bukanlah hal yang susah, cukup dengan menggunakan teknik copypaste- modify pada sebagian isi dokumen dan bahkan keseluruhan isi dokumen sudah bisa dikatakan bahwa dokumen tersebut merupakan hasil duplikasi dari dokumen lain.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Winnowing ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.