Jurnal : Deteksi Kata Pada Kalimat Dalam Bentuk Ucapan Dengan Algoritma Hashing N-Gram

Jurnal : Deteksi Kata Pada Kalimat Dalam Bentuk Ucapan Dengan Algoritma Hashing N-Gram

Deteksi Kata Pada Kalimat Dalam Bentuk Ucapan Dengan Algoritma Hashing N-Gram
(Jurnal Teknik Informatika)



Deteksi Kata Pada Kalimat Dalam Bentuk Ucapan Dengan Algoritma Hashing N-Gram


ABSTRAK

Dengan seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat di seluruh aspek kehidupan manusia, kata dan bahasa juga tidak luput dijadikan sebagai objek penelitian dalam bidang teknologi komputer di bidang linguistik. Salah satu aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan bahasa ialah aplikasi text-to-speech yang dapat mengubah teks menjadi ucapan.

Kegiatan mendeteksi kata dalam dokumen teks adalah satu hal yang perlu di perhatikan. Berbagai macam cara telah di tawarkan sebagai solusi dari permasalahan ini, baik yang berefek jangka panjang maupun jangka pendek. Jika selama ini mayoritas penanganan mendeteksi kata di lakukan secara manual terasa membosankan, yang selain menyita banyak waktu, tingkat ketelitian dan objektifitasnya juga relatif, deteksi kata pada kalimat dengan bentuk ucapan menawarkan hasil yang sebaliknya.

Pengubahan teks menjadi ucapan dengan pembangkitan ucapan dilakukan menggunakan berbagai algoritma pengolahan sinyal digital yang dijalankan dengan perangkat lunak. Berkembangnya teknologi digital menyebabkan perkembangan sistem tulis-ucap atau TTS (Text to Speech) dan melahirkan beberapa alternatif baru untuk menjalankan bagian pembangkit ucapan untuk mencari pendekatan yang menghasilkan ucapan yang lebih alami.

Algoritma Hashing N-Gram merupakan suatu algoritma yang digunakan memeriksa kemiripkan informasi berdasarkan informasi yang dimasukkan dalam hal ini adalah kata dalam suatu kalimat yang menjadi input dan output nya berupa pengenalan kata dari kalimat tersebut.

Kata Kunci : Algoritma Hashing N-Gram, TTS (Text to Speech)



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pengertian kata atau definisi kata secara sederhana adalah sekumpulan huruf yang mempunyai arti. Namun kamus besar bahasa Indonesia memiliki cara tersendiri dalam mendefinisikan kata. Pertama, pengertian kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat di gunakan dalam berbahasa. Pengertian kata juga sebanding dengan pengertian ujar atau bicara. Kata adalah sederetan huruf yang diapit dua spasi dan mempunyai arti. Menurut Bloomfield (dalam Chaer, 1994:163), kata adalah satuan bebas terkecil (a minimal free form). Contoh kata, kumbang, hinggap, dan bunga. Kegiatan mendeteksi kata dalam dokumen teks adalah satu hal yang perlu di perhatikan. Berbagai macam cara telah di tawarkan sebagai solusi dari permasalahan ini, baik yang berefek jangka panjang maupun jangka pendek. Jika selama ini mayoritas penanganan mendeteksi kata di lakukan secara manual terasa membosankan, yang selain menyita banyak waktu, tingkat ketelitian dan objektifitasnya juga relatif, deteksi kata pada kalimat dengan bentuk ucapan menawarkan hasil yang sebaliknya.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Hashing N-Gram ,Algoritma, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.