Jurnal : Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode User Centered Design

Jurnal : Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode User Centered Design

Jurnal : Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode User Centered Design

ABSTRAK 

Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan generasi cerdas dan berkperibadian. Sebagaimana yang tertera pada Undang-undang Dasar Tahun 1945 bahwa salah satu tujan negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bidang administrasi merupakan bagian yang terdapat pada kegiatan pendidikan yang bertugas mengumpulkan serta menyediakan data siswa disekolah. Namun terkadang terdapat kendala atau permasalahan dalam penyediaan data siswa itu sendiri yang salah satunya disebabkan karena cara yang digunakan masih relatif manual. Maka untuk itu perlu adanya data perancangan sistem yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. UCD (user centered design) adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Kesulitan pengguna (end user) selama ini untuk membaca dan menterjemahkan dokumen-dokumen yang ada dalam setiap pengembangan dapat terbantu dengan menggunakan metode UCD. Pendekatan UCD telah didukung oleh berbagai teknik, metode, tools, prosedur dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Pada metode UCD pengguna berada dalam level of design sophistication dari semua antar muka grafis yang digunakan beserta content dari perancangan sistem informasi yang ada di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dalam perancangan sistem informasi sekolah yang bertujuan agar memudahkan pihak administrasi sekolah khususnya dalam penginputan data siswa. 

Kata kunci: UCD (User Centered Design), Informasi Sekolah Berbasis Web. 

Pendahuluan 

Penggunaan server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada perakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat penyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis maupun aplikasi web lainnya. Sebuah kampus atau sekolah tentunya memiliki banyak informasi yang sebahagian besar masih menggunakan sistem manual untuk memproses datanya, seperti data siswa, data nilai, data mata pelajaran, data guru, data inventaris sekolah dan lainnya. Semua itu jika diolah dengan menggunakan sistem manual tentunya akan memakan banyak waktu serta penggunaan kertas dan perlengkapan lainnya. Untuk itu perlu dibuat sebuah rancangan sistem secara komputerisasi yang bisa menyimpan dan mengolah informasi tersebut jadi lebih cepat dan mudah dalam mencari informasi yang diinginkan. 

Peneliti : Sri Yani Putri

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode User Centered Design

Kata Kunci : Jurnal Metode User Centered Design ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.