Jurnal : Perancangan Aplikasi  Transformasi Objek 3 Dimensi Menggunakan Metode Morphing

Jurnal : Perancangan Aplikasi Transformasi Objek 3 Dimensi Menggunakan Metode Morphing

Jurnal : Perancangan Aplikasi  Transformasi Objek 3 Dimensi Menggunakan Metode Morphing
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Morphing


ABSTRAK
Perkembangan teknologi memberi kesempatan masyarakat untuk mengabadikan saat – saat yang penting menggunakan video. Pembentukan video digital yang baik membutuhkan proses editing yang baik pula. Untuk melakukan proses editing video digital dibutuhkan program editor. Perencanaan dalam pembuatan aplikasi tersebut dimulai dengan pembentukan kompresi dan dekompresi file video, kemudian dilanjutkan dengan proses editing terhadap file video digital. Aplikasi tersebut dibuat dengan Microsoft Visual Basic Net.2008 dengan menggunakan teknologi Morphing, khususnya Mesh Morphing. Proses pemotongan dan penyisipan dilakukan dengan urutan yang statis. Selain itu aplikasi juga menyediakan efek antara masing – masing clip. Dan yang terakhir melakukan proses penyimpanan satu file dalam format AVI yang terbentuk dari proses editing dalam aplikasi.

Kata kunci: image morphing, mesh morphing, selection morphing, pengolahan citra digital, transformasi bentuk.



1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Morphing adalah efek khusus dalam film dan animasi yang berubah (atau morph) satu gambar ke gambar lain melalui transisi mulus. Paling sering digunakan untuk menggambarkan seseorang berubah menjadi lain melalui sarana teknologi atau sebagai bagian dari fantasi atau urutan surealis. Secara tradisional penggambaran tersebut akan dicapai melalui teknik cross-memudar pada film. Sejak awal 1990-an, ini telah digantikan oleh perangkat lunak komputer untuk membuat transisi lebih realistis.

3 dimensi atau biasa disingkat dengan 3D atau juga disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. 3D juga bisa diistilahkan sekumpulan titik titik (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Dimensi itu sendiri berarti parameter atau pengukuran yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat-sifat suatu objek yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau ukuran dan bentuk. Dan visual adalah suatu penggambaran, pencitraan suatu objek. Dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa 3D visual adalah penggambaran atau pencitraan dari suatu bentuk objek ruang yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Metode Morphing , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.