Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyembunyian Teks Pada Citra Terkompresi Menggunakan Metode Spread Spectrum

Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyembunyian Teks Pada Citra Terkompresi Menggunakan Metode Spread Spectrum

Perancangan Aplikasi Penyembunyian Teks Pada Citra Terkompresi Menggunakan Metode Spread Spectrum
(Jurnal Teknik Informatika)




Perancangan Aplikasi Penyembunyian Teks Pada Citra Terkompresi Menggunakan Metode Spread Spectrum

ABSTRAK

Keamanan dalam pengiriman informasi yang bersifat rahasia merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga. Salah satu teknik yang dapat dipakai untuk menangani hal tersebut adalah steganografi. Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi rahasia ke dalam suatu media sedemikian sehingga manusia tidak dapat menyadari keberadaan pesan tersebut.

Pada skripsi ini, dilakukan studi mengenai bagaimana steganografi pada media citra digital. Citra digital yang digunakan adalah citra terkompresi dengan format file JPEG, oleh karena itu dilakukan pula studi terhadap bagaimana representasi dari citra terkompresi JPEG. Kemudian dilakukan juga implementasi terhadap hasil studi beserta analisis yang telah dikerjakan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengamankan informasi yang dikirim adalah dengan penyembunyian informasi ke dalam sebuah wadah (media) sehingga informasi yang disembunyikan sulit dikenali oleh indra manusia, atau biasa disebut dengan istilah steganografi. Metode steganografi yang digunakan adalah Metode Spread Spectrum. Metode Spread Spectrum memiliki keunggulan dalam ketangguhan terhadap berbagai serangan, meskipun di lain sisi metode ini memiliki kompleksitas yang tinggi.

Kata Kunci : Steganografi, citra JPEG, Spread Spectrum


1. Pendahuluan
Steganografi merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam pengamanan informasi, yaitu dengan menyembunyikan informasi ke dalam media digital dengan metode tertentu agar tidak tampak perbedaan secara visual antara file asli dengan file yang telah disisipi informasi (stegoimage) sehingga tidak diketahui oleh
steganalis (orang yang dapat memecahkan stegoimage tanpa mengetahui kunci yang ada). Data digital yang dapat menjadi tempat/media data yang akan disembunyikan (stegomedium) pada steganografi adalah gambar/citra, audio, dan video. Salah satu jenis media lain yang dapat digunakan adalah file citra digital dengan format JPEG. Format gambar JPEG ini merupakan format citra yang sangat umum dipergunakan karena berkas dengan format JPEG telah dikompresi dengan baik sehingga memiliki ukuran yang kecil. Ukuran yang kecil ini menjadi alasan mengapa orang banyak menggunakan berkas dengan format JPEG ketika melakukan pertukaran di dalam media internet.

Salah satu metode steganografi adalah Spread Spectrum. Metode Spread Spectrum mentransmisikan sebuah sinyal pita informasi yang sempit ke dalam sebuah kanal pita lebar dengan penyebaran frekuensi. Penyebaran frekuensi sendiri berfungsi menambah tingkat redundansi. Tujuan menambah tingkat redundansi adalah agar kode tidak mudah dipecahkan.



 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Spread Spectrum , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.