Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan  Pemilihan Mahasiswa Terbaik Untuk Memperoleh Mahasiswa Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Terbaik Untuk Memperoleh Mahasiswa Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan  Pemilihan Mahasiswa Terbaik Untuk Memperoleh Mahasiswa Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak pendonor beasiswa untuk memperoleh beasiswa, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima beasiswa. Pembagian beasiswa dilakukan oleh beberapa lembaga untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.

Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Simple Additive Weighting (SAW). Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternative terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu mahasiswa terbaik.

Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan dengan perancangan berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML) ini akan lebih mempermudah Akademi Kebidanan Senior Medan untuk menentukan mahasiswa berprestasi yang layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan Beasiswa, Simple Additive Weighting (SAW).



1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Disamping itu masalah yang dihadapi juga semakin sulit. Sementara kemampuan manusia dalam berfikir dan mengingat terbatas, sehingga komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan sangat diharapkan, yaitu berupa informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang diolah.

Dalam suatu bidang pendidikan, setiap instansi pendidikan wajib memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik. Beasiswa pada umumnya merupakan pemberian biaya untuk pendidikan bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah yang mengikuti perkuliahan di suatu perguruan tinggi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, beasiswa dimaknai sebagai tunjungan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Beasiswa juga bisa dimaknai lain, yakni sebagai dana siswa atau dharma siswa.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Metode  Simple Additive Weighting (SAW)  ,  sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.