Jurnal : Perancangan Aplikasi Watermaking Citra Digital Dengan Metode Dynamic Cell Spreading (DCS)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Watermaking Citra Digital Dengan Metode Dynamic Cell Spreading (DCS)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Watermaking Citra Digital Dengan Metode Dynamic Cell Spreading (DCS)
(Jurnal Teknik Informatika)

 Metode Dynamic Cell Spreading (DCS)

ABSTRAK

Watermark merupakan sebuah identifikasi data yang disisipkan dalam dokumen yang akan dilindungi, mengandung informasi yang menyangkut perlindungan hak cipta dan autentikasi data, seperti identitas pencipta, pemilik, distributor, ataupun konsumen yang sah dari data digital tersebut. Pada penelitian ini, teknik watermarking bekerja pada daerah berfrekuensi menengah, melalui proses penyisipan bit watermark pada koefisien-koefisen Dynamic Cell Spreading (DCS) yang telah ditentukan untuk mendapatkan keseimbangan antara ketahanan dan transparansi.

Dengan memanfaatkan karakteristik koefisien-koefisien DCS tersebut, maka sangat memungkinkan untuk mengekstrak bit watermark dengan tepat tanpa menggunakan citra asli. Metodologi pengembangan sistem menggunakan pendekatan model air terjun dan iterasinya. Objektif utama sistem ini adalah untuk menganalisis dalam proses penyisipan dan ekstraksi watermark, baik dari segi kecepatan waktu, besar ukuran file, perubahan citra ter-watermark, perubahan citra hasil ekstraksi

Kata Kunci: Citra, Watermaking, Dynamic Cell Spreading (DCS)


1. Pendahuluan

Dengan perkembangan komputer digital dan perangkat–perangkat lainnya yang serba digital, ada beberapa faktor yang membuat data digital seperti audio, citra, dan video banyak digunakan, antara lain karena mudah diduplikasikan dan disimpan, mudah diolah lebih lanjut, serta mudah di distribusikan melaui Internet. Dengan adanya Internet sebagai sistem jaringan terluas yang menghubungkan hampir seluruh komputer di dunia yang membuat hampir segala jenis data dan informasi dapat diperoleh dengan menghubungkan sebuah komputer dengan Internet. Sebagian data dan informasi yang dipertukarkan seharusnya tidak boleh dimodifikasi tanpa izin karena mengandung hak cipta pemiliknya.

Watermarking adalah teknik yang digunakan untuk menyisipkan sedikit informasi yang menunjukkan kepemilikan atau data lain pada materi multimedia, tetapi tidak diketahui keberadaannya oleh indera manusia dan mampu bertahan dari berbagai serangan yang bermaksud untuk menghilangkan informasi yang disisipkan. Untuk menjawab kebutuhan akan perlindungan hak cipta tersebut, maka teknologi watermarking digunakan untuk melakukan proteksi hak cipta pada data dan informasi.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Dynamic Cell Spreading (DCS) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.