Jurnal : Perancangan Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)

Perancangan Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)
(Jurnal Teknik Informatika)


Perancangan Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)
ABSTRAK

Kemajuan teknologi komputer yang sangat bermanfaat pada kehidupan manusia sekarang adalah kecepatan dalam menyampaikan informasi dari tempat yang jauh yaitu melalui Internet. Dalam pengiriman informasi tersebut terdapat masalah yang mengganggu keamanan yang dilakukan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan mengubah bahkan mengganti informasi dalam citra digital yang disampaikan.

Menggunakan steganografi dengan metode SingularValueDecomposition yang akan menyembunyikan informasi berupa citra digital kedalam media citra digital lain. Setelah dianalisis dan diimplementasikan
menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 diperoleh bahwa media citra yang disisipkan citra penting masih tampak seperti normal sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bagi orang yang melihat. Kemudian disediakan juga password agar keamanan lebih maksimal.

Perubahan yang terjadi hanyalah perubahan nilai–nilai RGB yang begitu kecil yang secara visual tidak akan tampak. Kemudian jika di ekstraksi maka akan didapat kembali citra penting secara utuh. Dengan demikian, kriteria–kriteria steganografi yang baik yaitu imperceptibility, fidelity dan recovery dapat terpenuhi.

Kata Kunci :Singular Value Decomposition, Citra


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Perlindungan hak cipta tidak diberikan kepada ide atau gagasan, karena karya cipta harus memiliki bentuk yang khas, bersifat pribadi dan menunjukkan keaslian sebagai ciptaan yang lahir berdasarkan kemampuan, kreatifitas atau keahlian, sehingga ciptaan itu dapat dilihat, dibaca atau didengar.Oleh karena itu perlindungan hak cipta sangat penting dilakukan oleh setiap user yang mempunyai produk yang akan dilindungi.

Steganografi merupakan salah satu cara yang digunakan dalam pengamanan informasi, yaitu dengan menyembunyikan informasi ke dalam media digital dengan metode tertentu agar tidak tampak perbedaan secara visual antara file asli dengan file yang telah disisipi informasi (stegoimage) sehingga tidak diketahui oleh
steganalis (orang yang dapat memecahkan stegoimage tanpa mengetahui kunci yang ada). Data digital yang dapat menjadi tempat/media data yang akandisembunyikan (stegomedium) pada steganografi adalah gambar/citra, audio, dan video.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Singular Value Decomposition (SVD) , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.