Jurnal : Implementasi Steganografi Pada Citra Digital Dengan menggunakan Metode Dynamic Cell Spreading

Jurnal : Implementasi Steganografi Pada Citra Digital Dengan menggunakan Metode Dynamic Cell Spreading

Implementasi Steganografi Pada Citra Digital Dengan menggunakan Metode Dynamic Cell Spreading
(Jurnal Teknik Informatika)



Implementasi Steganografi Pada Citra Digital Dengan menggunakan Metode Dynamic Cell Spreading

ABSTRAK

Banyaknya data-data digital yang berkembang sekarang ini, telah memberikan kemudahan bagi para pengguna. Tetapi, menjadi sebuah masalah baru dalam hal hak cipta dan kepemilikan data digital tersebut.

Teknik steganografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seni menyembunyikan pesan atau informasi. Teknik ini mengizinkan pemilik data digital untuk menyembunyikan pesan seperti identitas pengarang, tanggal
ciptaan dan lain-lain ke dalam citra gambar berformat jpeg/jpg.

Penelitian ini membahas steganografi dengan menggunakan Teknik Dynamic Cell Spreading yang merupakan teknik menyembunyikan/menyisipkan pesan dengan cara mengganti susunan palet warna yang ada dalam sebuah citra dengan format jpeg/jpg. Akan dibahas juga bagaimana proses encoding dan decoding pesan
dalam citra dengan menggunakan teknik Dynamic Cell Spreading.

Kata kunci : steganografi, teknik Dynamic Cell Spreading


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sistem jaringan yang telah mendunia membuat semua komputer dapat dengan mudah untuk saling bertukar data. Dengan adanya Internet sebagai sistem jaringan terluas, hampir segala jenis informasi dapat diperoleh. Perkembangan komputer dan perangkat pendukung lainnya yang serba digital telah membuat data-data digital semakin banyak digunakan. Hal ini dikarenakan data digital mudah untuk diduplikasikan dan diolah kembali menjadi data digital baru.

Dalam proses penyampaian informasi tersebut terdapat masalah keamanan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, misalnya dengan mengubah bahkan mengganti informasi aslinya. Oleh karena itu, muncul pemikiran-pemikiran untuk mengatasi masalah tersebut.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Dynamic Cell Spreading , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.