Jurnal : Implementasi Discreate Wavelent Transform Untuk Penyisipan Gambar Pada Gambar

Jurnal : Implementasi Discreate Wavelent Transform Untuk Penyisipan Gambar Pada Gambar

Implementasi Discreate Wavelent Transform Untuk Penyisipan Gambar Pada Gambar
(Jurnal Teknik Informatika)




Implementasi Discreate Wavelent Transform Untuk Penyisipan Gambar Pada Gambar

ABSTRAK

Skripsi ini membahas implementasi discrete wavelet transform gambar pada gambar. Steganografi berhubungan dengan gambar dan merupakan metode yang digunakan untuk menyembunyikan pesan gmabar
dengan menggunakan media digital berupa gambar, video maupun audio. Teknik steganografi meliputi banyak sekali metode gambar untuk menyisipkan pesan gambar rahasia di dalam file lain yang mengandung gambar, bahkan audio tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari file semula.

Bagian awal skripsi ini menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan steganografi. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bagaimana penerapan teknik pengolaan citra tersebut pada file gambar. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi di dalam media digital antara lain : DWT, injection, spreed spectrum, echo hiding, low bit encoding, dan sebagainya.

Kata Kunci : Steganografi DWT, Penyisipan Gambar, Visual Basic 6.0



1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan data rahasia sedemikian sehingga keberadaan data rahasia tidak terdeteksi oleh indera manusia. Steganografi digital menggunakan media digital sebagai wadah penampung, misalnya citra, suara, teks, dan video sedangkan data rahasia yang disembunyikan juga dapat berupa citra, suara, teks, atau video [Henry 02].

Proses penyisipan pesan atau gambar dalam suatu gambar pada dasarnya digunakan untuk memberikan sebuah tanda atau lisensi bahwa gambar tersebut merupakan milik seseorang atau bisa juga untuk mengidentifikasi kepemilikan atas gambar tersebut. Pada steganografi dengan media citra (image), pengirim pesan melakukan proses penyisipan (embedding) pesan yang hendak dikirim secara rahasia ke dalam citra sebagai tempat menyimpannya yang disebut cover image, dengan menggunakan kunci tertentu, sehingga dihasilkan citra dengan pesan yang tersembunyi didalamnya yang disebut stego image. Untuk melihat pesan, dilakukan proses pengeluaran (extracting) pada stego image hasil penyisipan untuk memisahkan pesan dan citra dengan menggunakan kunci yang sama seperti pada proses embedding, selain penyisipan pesan pada gambar bisa penyisipan gambar pada gambar hal ini dimungkinkan untuk mengamankan suatu citra rahasia kedalam sebuah gambar umum, proses extraksi hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu yang mengetahui kunci esktraksinya.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Discreate Wavelent Transform , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.