Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyisipan Data Pada Audio Dengan Menggunakan Metode Low Bit Coding

Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyisipan Data Pada Audio Dengan Menggunakan Metode Low Bit Coding

Perancangan Aplikasi Penyisipan Data Pada Audio Dengan Menggunakan Metode low Bit Coding
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Aplikasi Penyisipan Data Pada Audio Dengan Menggunakan Metode low Bit Coding

ABSTRAK

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, maka perhatian pada tingkat keamanan akan menjadi semakin penting. Salah satunya adalah tingkat kemanan pengiriman data atau informasi. Peningkatan keamanan pengiriman data dapat dilakukan dengan menggunakan steganografi, teknik
pengamanan steganografi pesan-pesannya tidak menarik perhatian orang lain, karena pesan-pesan  tersebut
dimasukan ke sebuah media pembawa (carrier). Ada beberapa teknik penyisipan pesan salah satunya dengan menggunakan Low Bit Coding. Dimana Low Bit Coding adalah salah satu metode steganografi yang diterapkan untuk media audio/suara. Media penyisipan data yang dapat digunakan meliputi teks, gambar, video, audio dan sebagainya. Untuk steganografi pada media audio atau suara terdapat beberapa teknik dalam penyisipan pesan (informasi), diantaranya adalah Low Bit Coding, Phase Coding, Spread Spectrum, dan Echo Data Hiding. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Kata kunci: Aplikasi penyisipan data, Low Bit Coding


1. Pendahuluan
Semakin berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, maka perhatian pada tingkat keamanan akan menjadi semakin penting. Ada dua teknik pengamanan data yang bisa digunakan yaitu dengan kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara menjaga kerahasiaan data, agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Dalam kriptografi ini adanya proses menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Sedangkan steganografi merupakan senidan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia

Metode low bit coding merupakan metode penyisipan data ke dalam data yang lain dengan mengganti bit yang kurang signifikan atau least significant bit (LSB) pada setiap titik sampling dengan string berkode biner (coded binary string), algoritma encoding adalah Proses penyisipan pesan rahasia yaitu bagaimana pesan rahasia disisipkan pada sebuah file audio sehingga file tersebut tidak diketahui keberadaannya. Pada proses ini, proses penyisipan membutuhkan dua buah masukan yaitu media cover sebagai tempat penyisipan pesan dan pesan rahasia.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Low Bit Coding , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.