Jurnal :Perancangan Aplikasi Untuk Memeriksa Keaslian Data Yeng Telah Didownload Menggunakan Algoritma Message Digest 5 (MD5)

Jurnal :Perancangan Aplikasi Untuk Memeriksa Keaslian Data Yeng Telah Didownload Menggunakan Algoritma Message Digest 5 (MD5)

Jurnal :Perancangan Aplikasi Untuk Memeriksa Keaslian Data Yeng Telah Didownload Menggunakan Algoritma Message Digest 5 (MD5)
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Message Digest 5 (MD5)


ABSTRAK

Internet sebagai salah satu teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dapat memberikan data dan informasi dengan luas, lengkap dan terbaru. Pengguna dapat mengunduh data seperti file aplikasi, kompresi dan teks melalui jaringan Internet. Keamanan terhadap file tersebut juga menjadi perhatian, khususnya keaslian dan keutuhan file. Gagal dalam mengunduh file serta banyaknya mallware seperti virus, trojan dan worm dapat mengancam integritas file. MD5 merupakan salah satu fungsi dari kriptografi yang dapat membangkitkan kode unik dari suatu file dan dapat mendeteksi perubahan isi dari suatu file walaupun perubahan tersebut sangat kecil.

Perubahan dapat terdiri dari penambahan, pengurangan atau penggantian isi dari suatu file. MD5 merupakan hash satu arah sehingga kode yang dihasilkan dari suatu data sangat sulit untuk dikembalikan ke kode sumbernya.

Kriptografi banyak digunakan untuk menjaga aspek keamanan informasi. Salah satu fungsi dari kriptografiyang bias menjamin integritas dari data yang didownload dari internet adalah fungsi hash MD5.

Kata kunci : Internet, Algoritma Massage Digest 5 (MD5), Kriptografi.


1. PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang

Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh data dan informasi. Internet (Interconnected networking) sebagai salah satu teknologi yang terus berkembang dapat memberikan kebutuhan data dan informasi secara cepat dan luas. Internet berkembang dengan sangat pesat menyediakan data dan informasi secara lengkap dan aktual. Para pengakses Internet dapat mengambil (download) data dan informasi dari para penyedia yang memanfaatkan Internet untuk berbagi data dan informasi.

Keaslian data menjadi sangat penting dikala proses download data atau informasi bisa menjadi ancaman besar terhadap sistem komputer. Untuk menjaga keaslian data tetap terjaga, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Bentuk-bentuk manipulasi yang dapat dilakukan antara lain penyisipan, penghapusan dan pensubstitusian data lain ke dalamdata yang sebenarnya.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Message Digest 5 (MD5) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.