gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal :Perancangan Aplikasi Pengamanan File Dengan Memanfaatkan USB Flashdisk Sebagai Kunci Menggunakan Algoritma Tripple DES

Post a Comment

Jurnal :Perancangan Aplikasi Pengamanan File Dengan Memanfaatkan USB Flashdisk Sebagai Kunci Menggunakan Algoritma Tripple DES
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Tripple DES


ABSTRAK

Dalam era globalisasi sekarang ini, komputer merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh banyak instansi dan perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta. Pemakaian komputer dewasa ini semakin berkembang pesat di segala bidang sesuai dengan kemajuan zaman. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya jenis-jenis sistem operasi komputer yang digunakan mulai dari Microsoft Windows, Mac OS hingga Linux. Salah satu metode penyandian yang cukup baik untuk digunakan adalah metode TrippleDes. Dengan menggunakan metode TrippleDes, kata kunci akan dienkripsi terlebih dahulu pada saat disimpan untuk kemudian didekripsi pada saat proses verifikasi. Kata kunci yang dipergunakan merupakan Key dari Flash Disk sehingga proses keamanan datanya akan menjadi lebih baik, untuk proses enkripsi dekripsi File Flash disk harus dikenali terlebih dahulu jika tidak ada flash disk maka proses enkripsi dan dekripsi tidak dapat dilakukan. 3DES (Triple Data Encryption Standard) merupakan suatu algoritma pengembangan dari algoritma DES (Data Encryption Standard). Pada dasarnya algoritma yang digunakan sama, hanya pada 3DES dikembangkan dengan melakukan enkripsi dengan implementasi algoritma DES sebanyak tiga kali. 3DES memiliki tiga buah kunci yang berukuran 168-bit (tiga kali kunci 56-bit dari DES). Pada algoritma 3DES dibagi menjadi tiga tahap, setiap tahapnya merupakan implementasi dari algoritma DES.

Kata Kunci : file, Microsoftword, Flash Disk, 3DES (Triple Data Encryption Standard)

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam era globalisasi sekarang ini, komputer merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh banyak instansi dan perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta. Pemakaian komputer dewasa ini semakin berkembang pesat di segala bidang sesuai dengan kemajuan zaman. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya jenis-jenis sistem operasi komputer yang digunakan mulai dari Microsoft Windows, Mac OS hingga Linux. Namun, masih jarang orang yang mengerti bagaimana mengunci ataupun z.

Agar dapat menghasilkan pengamanan komputer berbasis kata kunci yang memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi, haruslah dilakukan penyandian terhadap kata sandi tersebut baik untuk proses penguncian maupun proses pembukaan kunci pengamanan. Salah satu metode penyandian yang cukup baik untuk digunakan adalah metode TrippleDes. Dengan menggunakan metode TrippleDes, kata kunci akan dienkripsi terlebih dahulu pada saat disimpan untuk kemudian didekripsi pada saat proses verifikasi.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Tripple DES, sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment