Jurnal :Aplikasi Penyimpanan File Online Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) 32 BIT

Jurnal :Aplikasi Penyimpanan File Online Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) 32 BIT

Jurnal :Aplikasi Penyimpanan File Online Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) 32 BIT
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Vertical Bit Rotation


ABSTRAK

Kriptografi merupakan salah satu teknik pengamanan data dengan cara menyandikan data tersebut (enkripsi data dari plainteks menjadi cipherteks) menggunakan algoritma kriptografi tertentu dengan kunci (key) tertentu. Algoritma kriptografi yang sama digunakan pula untuk mengembalikan data yang telah disandikan menjadi kembali seperti semula (proses dekripsi). Kunci, berupa string yang sifatnya rahasia. Hanya pihak-pihak tertentu yang memiliki hak untuk mengakses file yang boleh mengetahui kunci ini, sehingga pihak-pihak yang tidak memiliki kunci yang benar tidak akan bisa menggunakan atau membaca data tersebut. Algoritma kriptografi VBR merupakan algoritma kriptografi yang baru. Saat ini belum ada penelitian khusus terhadap algoritma kriptografi VBR sehingga belum diketahui sejauh mana tingkat keamanan algoritma kriptografi VBR tersebut. Untuk menilai tingkat keamanan sebuah algoritma kriptografi dapat menggunakan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menghitung nilai avalanche effect dari data yang telah dienkripsi menggunakan algoritma kriptografi tersebut.

Kata Kunci: Vertikal Bit Rotation (VBR), Online


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang

Internet adalah teknologi yang berkembang sangat pesat. Keberadaannya sangat melekat pada kehidupan sehari-hari, baik itu pekerjaan, hiburan, maupun sesuatu yang pribadi. Tidak hanya di kota besar, kini internet mulai menyebar hingga ke desa. Dan tidak hanya secara konvensional menggunakan Personal Computer (PC) dengan modem, internet kini bisa diakses menggunakan notebook melalui hotspot ataupun menggunakan telepon seluler..

Kriptografi merupakan salah satu teknik pengamanan data dengan cara menyandikan data tersebut (enkripsi data dari plainteks menjadi cipherteks) menggunakan algoritma kriptografi tertentu dengan kunci (key) tertentu. Algoritma kriptografi yang sama digunakan pula untuk mengembalikan data yang telah disandikan menjadi kembali seperti semula (proses dekripsi). Kunci, berupa string yang sifatnya rahasia. Hanya pihak pihak tertentu yang memiliki hak untuk mengakses file yang boleh mengetahui kunci ini, sehingga pihak-pihak yang tidak memiliki kunci yang benar tidak akan bisa menggunakan atau membaca data tersebut.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Vertical Bit Rotation, sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.