Jurnal :Pengamanan Record Pada Pengiriman Query Menggunakan Algoritma Spiral

Jurnal :Pengamanan Record Pada Pengiriman Query Menggunakan Algoritma Spiral

Jurnal :Pengamanan Record Pada Pengiriman Query Menggunakan Algoritma Spiral
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Spiral


ABSTRAK

Skripsi ini menjelaskan berbagai jenis fungsi komitmen yang menjaga rahasia keamanan dalam pengiriman Informasi ataupun data dalam jaringan, sudah menjadi hal yang biasa dilakukan didalam berkomunikasi, dan internet adalah salah satu jenis jaringan yang berkembang melakukan transmisi data untuk pribadi maupun perusahan. Dengan kebubutuhan basis data maka timbul suatu data, sehingga modifikasi data dan perusakan data oleh orang tidak berwenang semakin merajalela sehingga dibuat pengamanan supaya tidak gampang dibajak pihak yang tidak berwenang dalam pengenriman data.

Dan untuk menyelesaikan skripsi ini digunakan Algoritma spiral yang merupakan algoritma kriptografi yang bisa melakukan transposisi abjad. Ttransposition ciphers mengatur ulang huruf-huruf dari plaintext tanpa menggantinya, sebagai contoh, transposition cipher yang sangat sederhana adalah the rail fence, di mana plaintext ditulis per huruf dalam dua baris dan kemudian dibaca per baris.

Kata kunci: Kriptografi, Penyediaan Pesan, Algoritma Spiral

1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi jaringan komputer menyebabkan terkaitnya satu komputer dengan komputer lainya. Hal ini membuka banyak peluang dalam pengembangan aplikasi komputer tetapi juga membuat peluang adanya ancaman terhadap pengubahan dan pencurian data. Sebuah aplikasi yang melintasi jaringan publik seperti internet diasumsikan dapat diakses oleh siapapun termasuk orang-orang atau pihak-pihak yang memang berniat untuk mencuri atau mengubah data, oleh kaena itu utuk melindungi data terhadap akses, pengubahan dan penghalangan yang tidak dilakukan oleh pihak yang berwenang,peranti keamanan data yang melintas dijaringan komputer harus disediakan.

Menurut Muhammad Ihsan (Rancangan Algoritma Kriptografi Variasi Vigenere Cipher dan Spiral), Algoritma spiral merupakan algoritma kriptografi yang bisa melakukan transposisi abjad. Ttransposition ciphers mengatur ulang huruf-hurufdari plaintext tanpa menggantinya, sebagai contoh, transposition cipher yang sangat sederhana adalah the rail fence, di mana plaintext ditulis per huruf dalam dua baris dan kemudian dibaca per baris. Untuk dijadikan ciphertext, penggunaan algoritma ini juga bisa dikembangkan menjadi solusi keamanan pesan dikarenakan huruf yang sama bisa digantikan dengan karakter lain sebanyak 1 buah saja.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Spiral , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.