Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pemasaran Buah Anggur Import Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (Studi Kasus : CV. Mutiara Capital Medan)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pemasaran Buah Anggur Import Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (Studi Kasus : CV. Mutiara Capital Medan)

Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pemasaran Buah Anggur Import Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making
(Studi Kasus : CV. Mutiara Capital Medan)
(Jurnal Teknik Informatika)


Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pemasaran Buah Anggur Import Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (Studi Kasus : CV. Mutiara Capital Medan)


ABSTRAK

Perekenomian yang semakin berkembang saat ini mendorong perusahaan yang bergerak di bidang penjualan untuk mengembangkan usahanya dalam mencapai keuntungan yang maksimal. Cara sebuah perusahaan dalam mewujudkan hal tersebut berbeda-beda, salah satunya adalah dengan mencari lokasi pemasaran yang strategis di beberapa tempat. Dalam menentukan lokasi pemasaran yang strategis dengan tujuan memaksimalkan hasil penjualan ini perusahaan mengalami kesulitan. Maka untuk membantu perusahaan
dalam menentukan lokasi pemasaran yang tepat dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat
mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk sistem pendukung
keputusan adalah dengan menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) yaitu
dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif adalah lokasi pemasaran berdasarkan kriteria – kriteria yang ditentukan, metode ini mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut hasil akhir diperoleh dari proses perangkingan yaitu penjumlahan dari perkalian matriks ternormalisasi R dengan vektor bobot sehingga diperoleh nilai terbesar yang dipilih sebagai alternatif terbaik
sebagai solusi.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, SAW, Kriteria, Lokasi.


1. Pendahuluan
Buah-buahan mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Salah satu jenis buah yang sangat digemari masyarakat saat ini adalah buah anggur. Buah anggur ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi dan berkhasiat mencegah penuaan dini, selain itu anggur juga mengandung vitamin C yang dapat menyehatkan gusi. Untuk memenuhi kekurangan konsumsi dan banyaknya permintaan akan buah anggur membuat negara kita masih mengimport buah yang satu ini. Dalam tahun 1991-1995, Indonesia mengimpor lima jenis buah-buahan, meliputi apel, jeruk, pir, kurma dan anggur. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) import anggur Indonesia tahun 1991-1995 mencapai 26.501.977 kg senilai US$ 36.527.300 atau rata-rata per tahun sebesar 5.300.395,4 kg senilai US$ 7.305.406. Indonesia juga mengimport anggur dari sekitar 10 negara dengan total import anggur sepanjang Januari – November 2012 sebesar 57,7 ribu ton dengan nilai US$ 119,2 juta.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.