Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Aplikasi Penentuan Kosmetik Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Aplikasi Penentuan Kosmetik Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Aplikasi Penentuan Kosmetik Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Simple Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

Kebutuhan masyarakat akan kosmetik saat ini sangatlah besar, apalagi bagi wanita yang kebanyakan dari mereka selalu ingin tampil cantik dan menarik dan menjadi pusat perhatian orang banyak. Konsep kecantikan perempuan sering diidentikan dengan kulit wajah yang cantik dan mulus, sehingga tidak mengherankan produk apapun yang bisa memutihkan kulit wajah laku keras di pasaran. Menentukan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah bukan merupakan hal yang mudah karena efek yang akan ditimbulkan tehadap kulit tidak akan diketahui selama kosmetik tersebut belum digunakan. Selain itu tidak ada satu kosmetik pemutih wajah yang bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit wajah, karena kondisi kulit wajah dari setiap individu itu berbeda-beda dan cara penanganannya harus berbeda-beda juga.

Dalam proses perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu kosmetik yang terpilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan keputusan alternatif kosmetik terpilih yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Sistem ini dirancang menggunakan Visual Basic 2008 sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai database.

Kata Kunci : Kosmetik, Kulit Wajah, Simple Additive Weighting (SAW).


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah 

Memiliki kulit yang indah dan sehat adalah hasrat setiap orang. Tetapi bagi wanita memiliki kulit yang indah dan sehat saja tidaklah cukup, tentu harus diikuti penampilan wajah yang cantik dan menarik. Namun kecantikan itu bisa dinilai angat relatif. Di Indonesia, konsep kecantikan perempuan sering diidentikkan dengan kulit wajah yang putih mulus. Sehingga tidak mengherankan produk apapun yang bisa memutihkan kulit wajah laku keras dipasaran. Kulit wajah tidak boleh asal diputihkan dengan sembarangan bahan dan harus disesuaikan juga dengan jenis kulitnya. Banyak produk pemutih kulit yang mengandung bahan pemutih yang sebenarnya tidak boleh digunakan. Ini membuat masyarakat sering keliru dalam memutuskan kosmetik yang mana yang akan digunakan.

Dalam menggunakan kosmetik juga harus disesuaikan dengan jenis kulitnya karena jikakosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jeniskulitnya akan menyebabkan tumbuhnya jerawat atau kulit yang memerah seperti terbakar matahari dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.